Tips dan Panduan Sarapan Sehat

 Tips dan Panduan Sarapan Sehat

BIBLIOTIKA - Sarapan atau makan pagi adalah makan pertama yang dilakukan setelah bangun tidur. Sarapan sangat penting, karena menjadi penunjang energi kita beraktivitas setengah hari ke depan, sampai tiba waktu makan siang. Jika tubuh mendapat asupan nutrisi yang cukup pada waktu sarapan, kita pun bisa lebih baik menjalankan aktivitas dan pekerjaan sehari-hari. Hal sebaliknya juga berlaku.

Menyangkut sarapan, yang penting untuk diperhatikan bukan cuma kandungan nutrisi dari makanan yang kita santap, namun juga perlu memperhatikan hal lain agar sarapan yang kita konsumsi benar-benar sehat. Berikut ini beberapa tip yang bisa diperhatikan.

Mulailah dengan air

Sebelum mulai memasukkan makanan berat ke dalam tubuh, sangat disarankan untuk mengawali hari dengan minum segelas air. Di pagi hari, perut kita memproduksi banyak asam, dan meminum air dapat membantu menetralkannya.

Hindari makanan berminyak

Pada saat sarapan atau makan pagi, sebaiknya hindari makanan berminyak seperti gorengan atau mie. Makanan berminyak cenderung menimbulkan sebah atau kembung pada perut. Karenanya, sarapan dengan makanan berminyak bisa membuat perut Anda terasa tidak nyaman.

Konsumsi buah

Memasukkan buah ke dalam menu sarapan bisa membantu memberi asupan serat, karbohidrat, dan energi yang tepat. Jeruk bisa dijadikan pilihan, karena kaya antioksidan yang dapat membersihkan sistem tubuh. Efeknya, Anda akan merasa lebih energik sepanjang hari.

Telur

Suka sarapan dengan telur? Menikmati telur sebagai menu sarapan sangat baik, karena telur merupakan makanan ideal untuk membangkitkan semangat di pagi hari.

Susu dan produk susu

Susu dan produk susu dapat memberi energi lebih untuk menyambut pagi, karena kandungan kalsium yang dimilikinya.

Makanan berisi

Sebisa mungkin, hindari sarapan dengan menyantap makanan ringan atau junk food. Sebaliknya, konsumsilah makanan berisi seperti roti, buah, sedikit nasi, atau sereal. Yang juga perlu diperhatikan, usahakan agar perut terasa nyaman tanpa merasa terlalu kenyang.