Steven A. Cohen, Miliarder Wall Street Penggila Seni

Steven A. Cohen, Miliarder Wall Street Penggila Seni

BIBLIOTIKA - Steven A. Cohen adalah manajer hedge fund terkenal Amerika, yang juga mendirikan SAC Capital Advisors, perusahaan investasi yang berbasis di Connecticut, dan berfokus pada pasar ekuitas. Dia lahir pada 11 Juni 1956 di Great Neck, New York, AS. Ayahnya adalah produsen pakaian di distrik garmen Manhattan, sementara ibunya berprofesi sebagai guru piano.

Setelah lulus dari University of Pennsylvania dan mendapat gelar sarjana dalam bidang ekonomi pada 1978, Steven A. Cohen bekerja di Wall Street dengan bergabung di perusahaan Gruntal & Co. Di sana dia berhasil mengumpulkan investasi sebesar 75 juta dollar dari enam investor. Keberhasilannya itu pun memberinya laba yang besar, hingga ia makin tertarik dengan dunia saham dan investasi.

Setelah bertahun-tahun bergabung dengan Gruntal & Co, dan setelah mengumpulkan cukup modal dari penghasilan serta keuntungan yang diperoleh, Steven A. Cohen akhirnya mendirikan perusahaannya sendiri pada 1992, dengan nama SAC Capital Advisors. Ia mendirikan perusahaan itu dengan modal sebanyak 20 juta dollar yang merupakan miliknya sendiri. Kini, SAC Capital Advisors diketahui menjadi perusahaan yang mengelola investasi sebesar 14 miliar dollar.

Atas keberhasilan itu, Steven A. Cohen masuk dalam daftar 40 manajer hedge fund paling produktif versi majalah Forbes, Februari 2013. Selain itu, dia juga masuk dalam jajaran orang-orang terkaya di dunia, karena memiliki kekayaan pribadi sebesar 11,4 miliar dollar. Di samping mengelola perusahaannya sendiri, Steven A. Cohen juga diketahui memiliki saham di berbagai perusahaan lain, termasuk 7 persen saham di perusahaan mesin pencari Baidu, dan 5 persen saham di perusahaan desain SSD OCZ Technology.

Selain terkenal sebagai miliuner yang sangat lihai dalam dunia investasi, Steven A. Cohen juga dikenal sebagai penggila karya seni. Sejak tahun 2000, dia telah menjadi kolektor benda seni terkemuka yang namanya muncul dalam “Top 10” daftar Art News. Majalah Forbes juga memasukkan namanya dalam daftar Top Miliarder Art Collector pada 2005. Karena ketergila-gilaannya pada benda-benda seni pula, Steven A. Cohen memiliki saham sekitar 5 persen di rumah lelang Sotheby.

Sampai saat ini, Steven A. Cohen setidaknya telah mengeluarkan lebih dari 700 juta dollar untuk membeli benda-benda seni. Koran New York Times pada 2003 bahkan menyatakan Steven A. Cohen telah menghabiskan 20 persen dari pendapatannya di lelang barang seni. Untuk mengumpulkan koleksi benda-benda seninya tersebut, Steven A. Cohen membeli sebuah rumah khusus di wilayah Greenwich.