Perbedaan GPS Handphone dan GPS Receiver

Perbedaan GPS Handphone dan GPS Receiver

BIBLIOTIKA - Di dalam handphone yang tersedia fitur GPS, maka isi dan fitur GPS adalah sebuah GPS receiver dan peta navigasi. Fungsi dan cara kerja GPS receiver yang ada di handphone tidak jauh beda dengan GPS receiver yang ada di perangkat navigasi lainya. Perangkat ini menggunakan gelombang radio untuk berhubungan dengan satelit. Pada dasarnya, GPS terdiri atas tiga segmen, yaitu angkasa atau satelit, pengendali, dan juga pengguna atau receiver.

Segmen angkasa terdiri atas 24 satelit dengan komposisi 21 aktif dan 3 cadangan. Satelit mengorbit dengan saling menyilang menyerupai gerak atom. Cara kerja satelit GPS ini hanya memberitahukan titik posisi dalam satu garis. Oleh karena itu, untuk menghasilkan titik posisi yang jelas, maka minimal dibutuhkan tiga satelit yang akan memetakan titik posisi tersebut dengan cara saling menyilang.

Nah, data yang diterima oleh GPS receiver nantinya akan diterjemahkan oleh aplikasi peta sebagai letak posisi yang sebenarnya. Jadi, nantinya bukan saja angka-angka koordinat yang ditampilkan, namun lokasi wilayah pun akan diperjelas dengan adanya aplikasi peta pada navigasi.

Beberapa aplikasi peta juga dilengkapi dengan panduan suara yang berguna sebagai semacam penunjuk jalan. Jadi, kita tinggal memilih lokasi yang dituju, kemudian mengikuti petunjuk-petunjuk yang ada (semisal belok kiri atau belok kanan). Tetapi, untuk aplikasi peta yang tersedia saat ini biasanya masih tergantung pada penyedia layanannya.

Selain navigasi GPS yang menggunakan sinyal satelit, saat ini juga telah ada teknologi yang menggabungkan sistem navigasi satelit dengan navigasi Cell ID atau LBS, yaitu Assisted GPS dengan satelit, sehingga masalah semacam kehilangan sinyal ketika berada di gedung yang tertutup dapat diatasi dengan adanya A-GPS. Akses untuk hal ini menggunakan jalur 2G atau 3G.