Panduan Menyusun Proposal

Panduan Menyusun Proposal
Permohonan Bantuan Dana untuk Pribadi dan Organisasi

Penulis: Tim Bibliotika
Tebal: 182 halaman
Format: PDF
Penerbit: Bibliotika

Di zaman sekarang, ada banyak murid sekolah yang berprestasi namun tak dapat melanjutkan pendidikan karena tidak ada biaya. Banyak mahasiswa hebat dan memiliki kecerdasan tinggi, namun harus drop-out karena tidak mampu membayar biaya kuliah. Banyak organisasi yang bermanfaat bagi masyarakat, namun harus gulung tikar karena tidak ada biaya untuk melangsungkan program-program kerja. Banyak pengusaha kecil yang memiliki prospek bisnis bagus, namun bangkrut karena tidak adanya modal usaha. Banyak orang hebat yang memiliki ide cemerlang, namun tetap menjadi pengangguran karena tidak ada biaya untuk mewujudkan ide-ide hebatnya.

Mengapa semua hal semacam itu bisa terjadi? Sebagaimana yang disebutkan di atas, kegagalan-kegagalan yang terjadi disebabkan karena tidak adanya uang, biaya, atau modal. Namun, sesungguhnya, ketiadaan atau keterbatasan uang atau modal dapat ditanggulangi dengan melakukan permintaan bantuan kepada pihak-pihak lain.

Siswa yang putus sekolah, misalnya, dapat mengajukan permintaan bantuan kepada lembaga GNOTA (Gerakan Nasional Orangtua Asuh). Mahasiswa yang putus kuliah dapat mengajukan permintaan bantuan kepada lembaga-lembaga pemberi beasiswa. Organisasi yang membutuhkan suntikan dana dapat mengajukan permintaan bantuan kepada instansi atau perusahaan yang memiliki anggaran dana untuk kegiatan sosial.

Pengusaha kecil yang memerlukan bantuan modal dapat mengajukan permintaan bantuan kepada koperasi atau lembaga keuangan lain. Sementara orang-orang yang memiliki ide bagus dapat mengajukan permohonan bantuan kepada pihak lain yang dapat membantu mewujudkan idenya. Segalanya dapat terjadi dan dapat dilakukan, kalau kita tahu bagaimana caranya.

Di era sekarang, permintaan bantuan sebagaimana diilustrasikan di atas telah diatur dalam bentuk-bentuk kebijakan. Pembuatan proposal adalah salah satu bentuk kebijakan, yang telah menjadi semacam aturan baku dalam tujuan permintaan suatu bantuan.

Masyarakat ekonomi lemah yang membutuhkan bantuan keuangan dari pihak-pihak tertentu harus membuat proposal pengajuan permohonan dana. Organisasi-organisasi yang memerlukan bantuan biaya untuk melangsungkan program kerja dan kegiatan, juga harus membuat proposal untuk pihak-pihak yang ingin mereka mintai bantuan. Bahkan perusahaan-perusahaan pun harus membuat proposal untuk pihak lain yang ingin mereka mintai bantuan atau kerjasama.

E-book ini menjelaskan pedoman atau panduan dalam menulis dan menyusun proposal secara baik dan profesional, yang diharapkan dapat membantu siapa pun, baik organisasi atau perorangan, yang berencana mendapatkan bantuan dari pihak-pihak lain. Selain menjelaskan pedoman penulisan proposal secara detail, e-book ini juga dilengkapi contoh-contoh proposal, serta profil dan alamat-alamat lembaga pemberi bantuan beasiswa dan keuangan internasional.

Dengan e-book ini, Anda akan terbantu dalam menyusun proposal yang baik dan profesional, untuk mengajukan permohonan bantuan dana pada pihak-pihak yang Anda tuju.

Anda bisa mendapatkan e-book ini, beserta e-book berkualitas lain, dengan melihat cara mendapatkannya di sini.