Panduan Mengoptimalkan Sistem GPS

 Panduan Mengoptimalkan Sistem GPS

BIBLIOTIKA - GPS memang memiliki banyak manfaat, khususnya ketika kita tengah berada di perjalanan yang belum kita ketahui arahnya. Fitur GPS ini tidak hanya dapat menunjukkan posisi dimana kita berada, tetapi juga akan mampu membuat rencana jalan mana yang akan kita lalui sesuai dengan titik keberangkatan dan titik tujuan.

Lebih dari itu, apabila handphone kita memiliki kamera, maka data GPS juga dapat menyertakan hasil foto-foto tersebut yang menunjukkan lokasi pemotretan.

Namun, sebagai sebuah sistem perangkat, GPS juga memiliki beberapa kelemahan tertentu. Untuk itu, perlu disiasati agar GPS yang kita gunakan tersebut dapat berfungsi secara optimal. Dalam hal ini, termasuk di antaranya adalah mencermati kelengkapan peta digital yang menyertai perangkat GPS yang mencakup kelengkapan data peta, point of interest dan juga data pendukung lainnya.

Karenanya, agar GPS Anda dapat berfungsi secara optimal dan perjalanan menjadi lancar sekaligus aman dan nyaman, maka berikut ini adalah tips dan trik yang bisa dilakukan.

Bila menggunakan sinyal satelit

GPS yang menggunakan bantuan sinyal satelit memang mudah digunakan, karena kita tidak harus menguras pulsa handphone. Namun, sinyal satelit ini memiliki kelemahan, yaitu dalam hal keterbatasannya yang tak bisa menjangkau perangkat yang berada di dalam ruangan serta juga tak bisa menembus awan.

Jadi, kalau langit kebetulan sedang dipenuhi oleh awan, maka biasanya sinyal dan satelit akan melemah. Sebagaimana yang kita tahu, posisi satelit berada di orbit bumi. Karenanya, apabila menggunakan sistem GPS satelit, maka tempatkanlah perangkat GPS di dekat kaca depan kendaraan yang tidak terhalang oleh atap mobil.

Bila menggunakan Assisted GPS


Gunakan dan aktifkan fitur Assisted GPS atau AGPS. Beberapa handphone atau perangkat GPS sudah disertai dengan perangkat assisted GPS ini untuk membantu mempercepat pencarian sinyal satelit yang dibutuhkan untuk positioning. Di dalam hal ini, handphone mengakses server yang akan mengarahkan satelit mana yang harus ditangkap sinyalnya, dan proses ini akan menggunakan jaringan operator melalui GPRS/EDGE/3G.

Contoh untuk mengaktifkan fitur AGPS ini adalah sebagai berikut:

Masuk pada Menu, lalu Setting, kemudian pilih tab General, klik Positioning, lalu Positioning Methods, dan kemudian klik Assisted GPS.

Siapkan charger baterai

Apabila kita tidak menggunakan AGPS, maka kita akan tetap bisa menggunakan GPS yang tidak mengurangi pulsa di handphone kita. Hanya saja, untuk hal ini akan membutuhkan waktu yang lebih lama dan menguras energi baterai dalam melakukannya. Apalagi jika hal semacam ini dilakukan dalam waktu yang relatif lama. Maka bisa-bisa baterai habis sebelum perjalan kita sampai di tujuan.

Karenanya, alangkah lebih baik kalau kita siapkan terlebih dulu charger di kendaraan dan terus hubungkan dengan handphone untuk menyuplai tenaga ke baterai. Sebaiknya gunakan charger mobil yang sesuai dengan perangkat GPS yang dipakai atau yang digunakan.

Gunakan aksesoris yang membantu


Apabila kita menggunakan handphone sebagai perangkat GPS, maka hampir dapat dipastikan tangan kita akan menjadi pegal karena terus-menerus memeganginya. Di sinilah kita memerlukan aksesoris pendukung, seperti handphone-holder, agar kita tidak perlu terus-menerus memegangi handphone.

Selain itu, apabila handphone atau perangkat GPS sudah mendukung fitur voice navigation, maka sebaiknya hubungkan sistem GPS dengan audio di mobil agar lebih jelas terdengar.

Data GPS dan hasil foto

Ada beberapa jenis handphone berkamera yang mampu menyatu dengan modul GPS. Posisi pengambilan foto akan tercatat di dalam bentuk koordinat yang akan tercantum di dalam metadata yang menyertai file-file foto digital, atau yang disebut Exchangeable Image File Format (EXIF).

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk dapat mengaktifkan fitur tersebut:

Masuklah ke menu Kamera.

Tekan Option, lalu Settings, lalu Record Location, dan pindahkan ke posisi On.
Setelah fitur tersebut diaktifkan, maka pada layar handphone akan muncul tanda yang berbentuk seperti antena parabola ketika handphone berada dalam menu Kamera.

Jika muncul tanda X yang berada pada lambang antena, maka itu artinya menandakan bahwa GPS belum mendapatkan sinyal dari satelit. Dengan demikian koordinat lokasi tidak dapat tercatat.

Apabila tanda X di atas telah hilang, maka berarti perangkat GPS telah memperoleh sinyal dari satelit dan koordinat lokasi akan tercatat.