Panduan Mempromosikan Produk untuk Usaha Kecil Menengah (4)

Panduan Mempromosikan Produk untuk Usaha Kecil Menengah

BIBLIOTIKA - Kunci penting dalam iklan melalui brosur atau katalog adalah tingkat kejelasannya. Bagaimana pun, calon konsumen yang membaca brosur atau katalog tidak bisa bertanya pada kita secara langsung, sehingga brosur atau katalog itu menjadi satu-satunya sarana untuk menjelaskan produk kita kepada mereka. Karenanya, di dalam brosur harus dijelaskan secara detail, sehingga calon konsumen bisa memahami dengan cukup membacanya.

Iklan dengan mobil banner

Apakah Anda pernah menyaksikan mobil yang badannya dihiasi gambar sebuah produk tertentu? Nah, itulah yang disebut mobil banner, yaitu iklan yang dilakukan pada badan mobil. Biasanya, mobil yang digunakan untuk hal itu adalah mobil yang biasa pergi ke berbagai tempat, sehingga masyarakat mudah melihat. Untuk hal itu, Anda bisa menggunakan mobil Anda sendiri, untuk mengenalkan produk Anda kepada masyarakat.

Cara berpromosi dengan mobil banner bisa dibilang mulai banyak digunakan berbagai produk. Biasanya, mobil-mobil armada milik perusahaan suatu produk, yang biasa keluar masuk ke berbagai kota, digunakan sekaligus untuk berpromosi, sehingga badan mobil dihiasi gambar produk. Dengan cara itu, masyarakat pun melihat produk yang kita buat dengan cukup mudah, tanpa menonton televisi, tanpa harus membuka koran.

Tingkat efektivitasnya tentu saja tergantung pada seberapa sering dan seberapa banyak mobil itu melalui suatu kawasan tertentu, juga pada keindahan gambar produk yang melekat pada mobil. Semakin menarik gambarnya, tentu semakin tertarik pula perhatian masyarakat.

Iklan lewat internet

Kata orang, ini zaman internet. Karenanya, para pengusaha zaman sekarang tidak lupa untuk memanfaatkan internet sebagai sarana berpromosi. Jika kita membuka internet, bisa dipastikan akan menemukan sekian banyak iklan untuk berbagai barang dan jasa, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Berbeda dengan sarana lain, internet mampu menjangkau kalangan yang lebih luas, karena dapat diakses oleh masyarakat di berbagai belahan dunia.

Ada beberapa cara untuk bisa beriklan lewat internet, dalam rangka memperkenalkan produk kepada masyarakat. Yang terutama, akan lebih bagus jika kita memiliki website sendiri, yang seluruh isinya menjelaskan produk kita secara detail, gamblang, dari kualitasnya sampai cara mendapatkan atau membelinya. Dengan memiliki website sendiri, masyarakat akan memiliki rujukan pasti mengenai produk yang kita tawarkan.

Setelah memiliki website sendiri, kita bisa mulai memperkenalkan website itu ke berbagai jejaring sosial, seperti Facebook atau Twitter. Atau, kita juga bisa beriklan di web-web terkenal di internet, dan dalam iklan itu juga terdapat link yang merujuk ke website produk kita.

Yang menyenangkan dalam beriklan melalui internet, salah satunya adalah biaya yang relatif murah. Berbeda dengan iklan di koran atau televisi, iklan di internet relatif terjangkau biayanya. Kemudian, iklan di internet tidak terlalu memakan banyak waktu serta tenaga. Selain itu, internet juga bisa diakses dari seluruh dunia, sehingga membuka peluang yang cukup besar bagi produk kita untuk dikenal dan berkembang.