Nutrisi Penting untuk Vegetarian

Nutrisi Penting untuk Vegetarian

BIBLIOTIKA - Ada banyak orang yang menjalani hidup dengan menjadi vegetarian, dengan berbagai alasan. Mereka tidak mengonsumsi makanan atau minuman yang berasal dari hewan, dan hanya mengonsumsi makanan serta minuman alami yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Padahal, seperti kita tahu, banyak nutrisi penting yang terdapat dalam makanan atau minuman yang berasal dari hewan, semisal daging merah atau susu sapi. Bagaimana para vegetarian mendapatkan asupan nutrisi-nutrisi penting itu?

Berikut ini adalah beberapa nutrisi penting untuk vegetarian yang bisa diperoleh dari tumbuh-tumbuhan, sayuran, dan bahan-bahan alami lainnya. Jika Anda termasuk pelaku vegetarian, daftar nutrisi berikut ini perlu diperhatikan, untuk menunjang kesehatan.

Protein

Setiap hari, tubuh kita membutuhkan asupan 50-60 gram protein, untuk menunjang kesehatan. Kebanyakan protein terkandung dalam makanan yang berasal dari hewan. Karena Anda tidak mengonsumsi makanan-makanan produk hewani, Anda bisa memenuhi kebutuhan protein Anda dari kacang-kacangan seperti kedelai, kacang tanah, dan almond.

Besi dan seng

Zat besi dan seng (zinc) dibutuhkan tubuh untuk sistem imun atau kekebalan, metabolisme sel, penyembuhan luka, pembelahan sel, juga sintesis DNA. Secara rata-rata, orang dewasa membutuhkan 7-10 gram zat besi dan seng per hari. Untuk vegetarian, asupan zat besi dan seng bisa didapatkan dari kol, kangkung, bayam, sawi, brokoli, dan biji-bijian.

Kalsium

Kalsium dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan, khususnya kekuatan tulang dan gigi. Selain itu, kalsium diperlukan agar sistem saraf tetap berfungsi dengan baik. Rata-rata orang dewasa membutuhkan asupan kalsium harian sebanyak 1.001-1.199 mg. Kalsium bisa didapatkan dari sayuran yang umumnya berwarna hijau gelap, seperti sawi dan brokoli.

Vitamin B12


Rata-rata tubuh kita membutuhkan asupan vitamin B12 sekitar 1,6 mikrogram per hari. Vitamin B12 bisa didapatkan dengan mudah melalui telur atau susu. Namun, karena para vegetarian tidak mengonsumsi produk hewani, rumput laut bisa dijadikan penggantinya. Selain rumput laut, kedelai dan jamur juga mengandung vitamin B12.

Asam lemak esensial

Asam lemak dibutuhkan tubuh sebagai cadangan energi dan menjaga kesehatan jantung. Umumnya, asam lemak esensial berasal dari produk hewani. Namun, para vegetarian bisa mendapat penggantinya melalui minyak zaitun atau minyak wijen.