Mewaspadai Virus pada Perangkat Seluler

 Mewaspadai Virus pada Perangkat Seluler

BIBLIOTIKA - Memang bisa dikatakan kalau banyak informasi mengenai keberadaan virus yang menyerang telepon seluler atau handphone masih dalam kategori hoax, meskipun beberapa virus terkadang juga benar-benar ‘menyelip’ di handphone.

Sampai saat ini, bisa dikatakan kalau penyebaran dari apa yang disebut sebagai virus handphone itu masih sebatas penularan yang datang dari perangkat komputer, yang artinya bahwa sesungguhnya komputer itulah yang terkena virus, dan kemudian menulari perangkat handphone yang dihubungkan dengannya.

Namun, bukan berarti bahwa virus handphone atau virus yang memang hanya menjangkiti perangkat handphone tidak akan pernah ada. Soal virus handphone ini, hanya tinggal waktu yang akan membuktikannya. Para hacker yang mengadakan konvensi di Las Vegas telah memperingatkan hal yang satu ini.

Mereka menyatakan bahwa hanya butuh waktu beberapa bulan lagi saja sebelum program buatan mereka untuk membuat down seluruh jaringan telepon seluler selesai.

Nah, faktor apa aja yang bisa mendorong serangan virus terhadap piranti seluler? Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diwaspadai:

Ketika sebuah handphone mulai diintegrasikan dengan piranti-piranti lain semacam komputer mobile yang bisa dibawa-bawa, semisal PDA. Ketika sebuah perangkat telah melalukan networking atau jaringan dengan perangkat lainnya, maka virus pun akan menjadi mudah masuk karena jaringan perangkat yang terhubung selalu rentan disusupi oleh virus. Ketika suatu perangkat melakukan transfer data, maka selalu ada kemungkinan transfer data itu dimasuki oleh virus.

Ketika SMS semakin juga berkembang jauh hingga tidak cuma untuk mengirimkan teks sederhana dan terbatas pada 160 karakter saja, maka bisa jadi SMS juga akan rentan menjadi sarana virus untuk menyebar ke perangkat-perangkat lainnya.

Ketika kapabilitas e-mail pada piranti mobile mulai mudah dijebol atau disusupi oleh virus untuk masuk dan berkembang biak. Client e-mail yang dimasukkan dalam perangkat seluler saat ini belum dapat dikatakan seratus persen aman dari virus, karena Outlook Express yang ada di komputer pun terbukti ‘disukai’ oleh virus atau worm.

Jadi, bisa dikatakan kalau semakin canggih sebuah perangkat handphone, semakin terintegrasi dengan fitur-fitur pintar komputasi, semakin terkait ke jaringan, maka semakin rentan pula terhadap serangan virus atau program-program jahat lainnya.