Menumbuhkan dan Meningkatkan Minat Baca

Menumbuhkan dan Meningkatkan Minat Baca

Penulis: Tim Bibliotika
Tebal: 145 halaman
Format: PDF
Penerbit: Bibliotika

Saat ini, dunia pendidikan Indonesia masih dihadapkan kondisi pasif tentang kurangnya gairah dan kemampuan para murid untuk mencari, menggali, menemukan, mengolah, memanfaatkan, dan mengembangkan informasi. Salah satu sebabnya karena lemahnya minat baca mereka.

Rendahnya minat baca di kalangan anak sekolah juga terlihat dari penelitian Vincent Grenary terhadap minat baca di kalangan siswa-siswi sekolah dasar di Indonesia. Penelitiannya menyebutkan bahwa siswa-siswi kelas enam SD Indonesia berada di urutan paling akhir setelah Filipina (52,6), Thailand (65,1), Singapura (74,0), dan Hongkong (75,5). Artinya, kemampuan membaca siswa Indonesia memang paling rendah dibandingkan siswa dari negara-negara lain.

Aspek minat membaca meliputi kesenangan membaca, kesadaran mengenai manfaat membaca, frekuensi membaca, dan jumlah buku bacaan yang dibaca. Minat baca bukan sesuatu yang lahir begitu saja pada diri seseorang. Akan tetapi, minat baca harus dipupuk dan dibina semenjak masih dini.

Pembinaan minat baca meliputi empat macam kegiatan, yaitu merencanakan program penumbuhan dan pengembangan minat baca, mengatur pelaksanaan program, mengendalikan pelaksanaan program, serta menilai pelaksanaan program penumbuhan dan pengembangan minat baca, baik di lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat.

E-book ini memberikan pandangan, solusi, serta kiat-kiat dan tips untuk menumbuhkan serta meningkatkan minat baca, khususnya di kalangan anak sekolah. Jika Anda seorang guru yang ingin menumbuhkan minat baca murid-murid, atau Anda orangtua yang ingin meningkatkan minat baca anak-anak, e-book ini akan membantu tujuan itu.

Anda bisa mendapatkan e-book ini, beserta e-book berkualitas lain, dengan melihat cara pemesanannya di sini.