Menggunakan Handphone untuk Memantau Keberadaan Anak

Menggunakan Handphone untuk Memantau Keberadaan Anak

BIBLIOTIKA - Ketika orangtua telah mulai memberikan atau membekali anaknya dengan perangkat handphone, maka biasanya orangtua akan seringkali menghubungi anaknya tersebut hanya untuk menanyakan kabarnya, memastikan keberadaannya atau setidaknya untuk mendengar suaranya.

Hal semacam ini tentu saja kadang menjadikan si anak merasa terganggu karena merasa terus-menerus dikuntit oleh orangtuanya dimana pun. Fungsi handphone yang sedianya untuk memudahkan komunikasi antar anak dengan orangtua malah kemudian berbalik menjadi mengganggu.

Bagaimana mengatasi hal semacam ini? Ada satu layanan baru yang dapat mengatasi hal semacam itu, dimana orangtua dapat terus memantau keberadaan anak tanpa harus mengganggu si anak dengan berkali-kali menelepon ke handphonenya.

Layanan teknologi baru ini bernama LBS atau Location Based Services alias fasilitas memantau melalui handphone. Dengan menggunakan sarana layanan ini, maka keberadaan anak akan mudah diketahui, dan orangtua dapat melakukannya dimana pun serta kapan pun waktunya tanpa mengganggu si anak.

Teknologi yang berbasiskan layanan pesan pendek atau SMS di jaringan GSM atau Global System for Mobile Communication itu memudahkan para orangtua dalam memantau keberadaan anak-anaknya. LBS kini juga menjadi layanan andalan bagi operator CDMA di Cina dan juga di Jepang.

Dengan teknologi tersebut, maka si anak tidak perlu terlalu khawatir akan dihubungi terus-terusan oleh orangtuanya, karena keberadaannya dapat diketahui tanpa si anak harus menjawab panggilan telepon ataupun membalas SMS dari orangtuanya.

Prosedur atau cara untuk mendapatkan layanan ini tergolong mudah. Orangua cukup mendaftarkan nomor handphone si anak ke operator tertentu. Sebagai contoh, salah satu operator yang pertama kali menawarkan layanan ini di Indonesia adalah Pro XL. Kemudian disusul oleh Telkomsel dan IM3.

Kalau orangtua berlangganan kartu dari Pro XL, maka cukup mendaftarkannya dengan cara mengetikkan REG yang diikuti dengan nomor handphone si anak, lalu kirim ke nomor 9455.

Setelah pendaftaran itu terkirim, maka secara otomatis pihak operator akan mengirimkan permintaan ijin kepada si anak (melalui handphonenya) agar keberadaannya dapat dipantau atau dimonitor oleh orangtuanya. Si anak hanya perlu membalas “Yes 01”, lalu mengirimkannya ke nomor 9455.

Untuk mengetahui keberadaan terakhir si anak, orangtua hanya perlu mengetik WHERE yang diikuti dengan nomor handphone si anak dan kemudian mengirimkannya ke nomor 9455. Maka jawaban akan dikirimkan kepada orangtua yang isinya menyebutkan lokasi si anak berada.

Layanan ini bisa dibilang cukup efektif. Selain itu, tingkat akurasi keberadaan si anak dapat diandalkan dengan konsentrasi LBS yang sudah semakin banyak, khususnya di daerah-daerah perkotaan.

Dengan layanan pemantau lewat LBS ini, maka kebutuhan orangtua untuk dapat memantau anaknya dapat terpenuhi. Layanan ini bahkan juga menarik minat perusahaan-perusahaaan yang ingin dapat selalu memantau keberadaan tenaga penjualnya ataupun posisi kendaraan-kendaraan dinasnya.

Cara menggunakan layanan PTS

Layanan PTS atau personal tracking system adalah layanan yang tak jauh berbeda dengan layanan di atas, hanya saja lebih ditujukan pada pelanggan korporat.

Layanan PTS ini akan memungkinkan pelanggan korporat untuk mengetahui posisi individu-individu dalam interval tertentu yang telah ditentukan oleh penggunanya. Individu yang telah didaftarkan akan ditandai melalui handphone. Individu tersebut akan diawasi dan hasilnya akan dikirimkan dari server LBS ke server tracking atau server lacak.

Dengan PTS ini, maka pengguna korporat akan memiliki akses ke server lacak melalui antar muka web atau internet. Hal ini tentu saja memungkinkan pengguna untuk memantau individu, group atau orang-orang tertentu. Lebih dari itu, layanan PTS ini memungkinkan pengguna korporat untuk memantau karyawan mereka pada waktu-waktu tertentu. Hal ini tentu saja secara tidak langsung akan memaksimalkan produktivitas karyawan di tempat kerjanya.

Contoh industri yang akan merasakan manfaat dari layanan ini adalah layanan kurir yang harus mengantarkan barang-barang atau memindahkan barang-barang penting dari satu tempat ke tempat lainnya dengan aman sekaligus tepat waktu. PTS akan memungkinkan kantor pusat untuk menandai kurir yang siaga untuk segera merespon permintaan pengambilan barang dari pelanggan.

Dilihat dari sisi teknis, berbeda dengan layanan pantau untuk orangtua yang cukup mengandalkan fasilias SMS, maka pengguna korporat disarankan untuk memiliki koneksi internet terlebih dulu sebagai sarana untuk melihat hasil pemantauan pada server PTS. Server PTS ini terhubung ke sistem LBS melalui jaringan berbasis protokol internet atau IP.

Dalam waktu tertentu, server PTS akan mengirimkan pesan ke LBS untuk memantau posisi individu melalui jaringan GSM. Data tersebut selanjutnya akan dikirim ke server PTS untuk dapat dilihat oleh pelanggan melalui web internet.

Melalui layanan ini, maka manfaat tambahan dari sebuah handphone akan menjadi lebih berarti dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu, ketika sebuah handphone hanya untuk menelepon dan berkirim SMS.