Mengenal Antioksidan dan Manfaatnya

 Mengenal Antioksidan dan Manfaatnya

BIBLIOTIKA - Anda tentu pernah atau bahkan sering mendengar saran yang menyatakan agar cukup mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan. Di dalam buku ini juga istilah “antioksidan” disebut berkali-kali. Apa sebenarnya yang disebut antioksidan, dan apa perannya dalam kesehatan tubuh?

Antioksidan adalah vitamin, mineral, atau sejenis nutrisi, yang berperan dalam menjaga dan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak akibat radikal bebas yang bisa disebabkan oleh polusi, asap rokok, senyawa kimia, atau pola makan yang buruk.

Di sekitar kita banyak makanan yang mengandung antioksidan, di antaranya berikut ini:
  1. Bayam, ketela pohon, tomat, aprikot, asparagus, bit, brokoli, labu, wortel, jagung, kale, mangga, persik, dan anggur merah, mengandung betakaroten dan karotenoid.
  2. Paprika (merah, kuning, atau hijau), stroberi, tomat, buah beri, brokoli, labu, kembang kol, jeruk keprok, melon, kale, jeruk, dan pepaya, mengandung vitamin C.
  3. Brokoli, wortel, paprika merah, bayam, lobak hijau, kacang, dan biji bunga matahari, mengandung vitamin E.
  4. Tiram, daging merah, daging unggas, buncis, kacang, makanan laut, gandum, sereal, dan produk susu, mengandung seng atau zinc.
  5. Kacang Brazil, tuna, daging iga, daging ayam, dan produk gandum, mengandung selenium.

Antioksidan baik untuk kesehatan, dan manfaat atau fungsinya termasuk menurunkan risiko kanker tertentu dan penyakit jantung. Antioksidan berupa vitamin C dan vitamin E juga baik dalam menunjang kesehatan mata.

Meski antioksidan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, namun jangan jadikan nutrisi tersebut sebagai satu-satunya tumpuan untuk terhindar dari berbagai penyakit. Pola makan yang sehat, dengan kandungan gizi dan nutrisi yang cukup, juga perlu diperhatikan.