Mengatasi Obesitas Ala Vegetarian

Mengatasi Obesitas Ala Vegetarian

BIBLIOTIKA - Obesitas atau kegemukan adalah salah satu keluhan (kalau tak mau dibilang penyakit) yang benar-benar sedang tren di masa sekarang ini. Sepertinya, orang di masa lampau tidak terlalu dirisaukan oleh obesitas, berbeda halnya dengan orang-orang yang hidup di masa sekarang. Obesitas mungkin disebabkan oleh pola makan, atau sesuatu yang biasa dimakan—dan biasanya kaum wanitalah yang paling risau dengan masalah berat badan yang berlebihan ini.

Obesitas sesungguhnya bukan masalah berat badan semata. Yang merisaukan dari obesitas adalah karena ia juga mempengaruhi kesehatan fisik dengan gangguan pernapasan, terkadang juga sakit kepala, dan gerak tubuh yang (terlalu) lamban. Kalau mau menggunakan resep vegetarian dalam mengatasi masalah obesitas ini, maka berikut ini resepnya:

Hindari jenis-jenis makanan yang digoreng dan juga kacang tanah. Kalau Anda menyukai camilan sejenis kacang tanah, dapat digantikan dengan kedelai.

Konsumsilah buah-buahan asam yang berair secara rutin.

Minumlah 4 sampai 5 liter air setiap hari. Akan lebih bagus kalau meminum 1 gelas larutan jeruk nipis yang dicampur dengan sedikit garam pada waktu pagi, siang dan malam hari.

Kurangilah konsumsi gula, dan jika menginginkan makanan atau minuman yang tetap manis, gunakan saja madu sebagai pengganti gula. (Catatan; kosumsi madu tidak melebihi 3 sendok makan setiap harinya).

Jadikanlah sup sayuran sebagai menu makanan setiap hari. Akan lebih baik lagi kalau dapat mengkonsumsi sayur-sayuran segar pada waktu siang dan malam hari.

Mempercepat penyembuhan

Selain resep di atas, ada baiknya juga untuk mempercepat penyembuhan dengan melakukan saran-saran berikut:

Biasakan diri untuk berpuasa, setidaknya sekali dalam seminggu.

Aktifkanlah persendian dan tulang-tulang dengan cara latihan fisik secara rutin. Latihannya bisa dipilih antara yoga, aerobik, tai chi, senam kebugaran dan lain-lain semacamnya.

Sering-seringlah mandi dengan menggunakan air dingin dan biasakan untuk melakukan jalan-jalan pagi.