Mengatasi Kolesterol Ala Vegetarian

Mengatasi Kolesterol Ala Vegetarian

BIBLIOTIKA - Kolesterol adalah suatu bahan lemak yang terjadi secara alamiah di dalam tubuh manusia. Kolesterol membentuk dinding bagian dalam sel tubuh dan setiap jaringan yang dibutuhkan untuk pembentukan hormon yang penting.

Apabila kadar kolesterol dalam tubuh meningkat, maka ia akan menumpuk di dinding arteri atau pembuluh darah. Keadaan semacam ini disebut artherosklerosis. Penumpukan kolesterol di dinding pembuluh darah ini dapat menyebabkan terhambatnya aliran darah arteri, sehingga dapat menyebabkan serangan jantung dan juga pendarahan otak.

Penyebab kolesterol tinggi adalah karena terlalu banyak mengkonsumsi jenis makanan yang kaya akan lemak jenuh, lemak hewani, telur, mentega, minyak, makanan seafood, telur, dan juga karena kurang mengkonsumsi sayuran serta buah-buahan.

Kolesterol tinggi dapat dicegah dengan diet rendah lemak dan pola makan yang seimbang, mengurangi makanan yang berlemak (dapat mengganti lemak hewani dengan minyak sayur), menghindari makanan yang digoreng dan menggantikannya dengan makanan-makanan yang dikukus, ditim, atau direbus, kemudian berhenti merokok, menjaga berat badan agar tetap ideal atau seimbang dengan usia, dan yang terakhir adalah rutin berolahraga.

Resep vegetarian yang dapat dicoba untuk mengatasi kolesterol tinggi adalah sebagai berikut:

Konsumsi sayuran:
  1. Asparagus muda yang direbus, 200 gram perhari.
  2. Wortel, minimal 250 gram perhari, bisa dijadikan jus atau hanya dikukus.
  3. Bawang merah dan bawang putih, cukup disertakan dalam makanan. Khusus untuk bawang putih dapat dikonsumsi atau dimakan mentah-mentah dengan cara mencelupkannya sebentar ke dalam air mendidih.

Konsumsi buah-buahan:
  1. Apel—setidaknya satu butir perhari—sangat bagus untuk dikonsumsi penderita kolesterol tinggi karena dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah secara efektif.
  2. Buah pir, sangat baik kalau dimakan ketika masih agak mentah. Buah ini memiliki kandungan serat yang tinggi.
  3. Pisang, bisa dimakan secara langsung seperti biasa, atau dibakar bersama madu dan lemon agar lebih menggugah selera.