Mengatasi Hepatitis Ala Vegetarian

 Mengatasi Hepatitis Ala Vegetarian

BIBLIOTIKA - Hepatitis adalah penyakit yang berhubungan dengan gangguan fungsi hati. Hepatitis adalah peradangan pada hati yang disebabkan karena makanan tertentu, atau terinfeksi virus hepatitis yang menyebabkan komplikasi pada organ hati, atau juga karena penyalahgunaan obat-obatan tertentu secara overdosis dan juga karena mengkonsumsi alkohol secara berlebihan.

Saat ini, hepatitis termasuk dalam ‘sepuluh besar’ penyakit yang paling banyak merenggut korban. Hepatitis terbagi menjadi tiga, yaitu hepatitis A, hepatitis B dan hepatitis C. Namun meskipun berbeda dalam penggolongannya, penyakit ini memiliki gejala yang hampir serupa yang dapat dikenali, yaitu:
  1. Demam ringan.
  2. Lemah, letih, lesu dan nyeri pada otot.
  3. Mual, kurang nafsu makan dan tubuh menjadi menguning.
  4. Urine (air seni) menjadi berwarna gelap, dan kotoran berwarna pucat.
  5. Terkadang disertai dengan gejala ringan seperti flu.

Sedangkan perbedaan antara hepatitis A, hepatitis B dan hepatitis C adalah seperti berikut ini:

Hepatitis A

Timbul kerusakan yang berat pada jaringan organ hati secara mendadak yang disebabkan oleh virus hepatitis A yang biasanya ada di dalam air yang kotor, kerang atau juga pada hewan ternak.

Hepatitis B

Timbulnya kerusakan pada jaringan organ hati yang dikarenakan virus hepatitis B yang umumnya terdapat pada orang-orang dewasa; apabila sistem tubuh kita menurun, maka virus ini pun dapat aktif di dalam tubuh. Virus ataupun penyakit ini juga bisa menular melalui kontak darah, keringat, atau air liur.

Hepatitis C

Terjadi kerusakan pada organ hati karena terinfeksi oleh virus hepatitis C yang biasanya ditularkan secara langsung dari satu orang ke orang yang lainnya melalui darah atau jarum suntik, atau ibu hamil terhadap janin yang di kandungnya.

Untuk mengatasi penyakit hati bernama hepatitis ini, kombinasi makanan berikut ini dapat digunakan sebagai salah satu resepnya:

Konsumsi sayuran:

Terung—khususnya yang berwarna ungu—akan membantu penyembuhan dengan baik, selain itu juga tidak menimbulkan efek samping dan juga memiliki fungsi ganda, yaitu untuk meningkatkan daya konsentrasi. Cara mengkonsumsinya adalah dengan cara dikukus atau direbus dengan sedikit air, dan sangat bagus kalau dikonsumsi setiap hari.

Jus wortel atau jus tomat yang dikonsumsi setiap pagi hari akan ikut menyempurnakan penyembuhan.

Bisa juga ditambah dengan mengkonsumsi daun semanggi atau daun calincing. Cara mengkonsumsinya dengan cara dikukus atau direbus.

Konsumsi minuman:

Minumlah ramuan yang terdiri dari campuran teh dengan temulawak. Cara membuatnya adalah dengan memasukkan beberapa irisan temulawak dalam satu gelas teh yang diseduh. Minumlah pada waktu pagi dan sore hari.

Kalau Anda ingin terhindar dari penyakit dalam (termasuk penyakit hepatitis) Anda dapat mencegahnya dengan mengkonsumsi segelas sari kedelai pada waktu pagi dan sore hari. Ini akan berfungsi sebagai penyembuhan bagi hepatitis, dan juga bermanfaat untuk menjauhkan Anda dari penyakit tersebut.