Mengatasi Difteri dan Disentri dengan Herbal

Mengatasi Difteri dan Disentri dengan Herbal

BIBLIOTIKA - Penyakit difteri umumnya menyerang selaput lendir pada tekak, rongga hidung, tali suara dan lain-lain. Penderita penyakit ini kebanyakan anak-anak. Penyebabnya adalah basil yang disebut loeffler yang berbentuk seperti batang korek api. Ujung dan pangkalnya memiliki semacam tombol. Basil ini banyak mengeluarkan racun yang sangat merusak tubuh, terutama bagian jantung. Penularan penyakit ini terutama melalui percikan ludah.

Orang yang menderita difteri biasanya menjadi lemah, nafsu makannya berkurang, suhu tubuhnya naik antara 38 sampai 48 derajat Celcius, juga disertai muntah-muntah. Apabila menelan sesuatu, tenggorokan biasanya akan terasa nyeri, suara menjadi berubah parau, napas terasa sesak karena pipa pernapasan tersumbat selaput lendir, sementara tekak menjadi tampak kemerah-merahan dan lidah berselaput.

Untuk mengatasi penyakit ini, Anda bisa menggunakan buah nanas. Caranya, sediakan tiga buah nanas yang telah masak atau matang. Kupaslah, kemudian cuci hingga bersih. Setelah itu diparut, diperas airnya, dan kemudian disaring untuk diambil airnya—sebanyak setengah gelas. Air perasan buah nanas tersebut dapat digunakan untuk berkumur selama tiga menit. Lakukan hal ini tiga kali sehari dengan dosis setengah gelas setiap kali menggunakannya.

Selain cara di atas, Anda juga bisa menggunakan batang akar kelapa. Caranya, ambillah lima batang akar kelapa, lalu kupas kulitnya dan iris-irislah, kemudian keringkan.

Rebuslah sebanyak 100 gram akar kering itu di dalam satu liter air. Rebus terus sampai mendidih, hingga airnya tersisa separuh (tinggal ½ liter). Minumkan air ramuan tersebut pada penderita sakit difteri, dengan dosis tiga kali sehari selama satu minggu berturut-turut.

Mengatasi disentri

Untuk mengatasi penyakit disentri, Anda bisa menggunakan resep berikut.

Siapkanlah kunir atau kunyit sebanyak dua jari, gambir sebanyak 15 gram, rendaman kapur sirih sebanyak 7 gram, sedikit garam, sedikit gula batu, kuning telur ayam kampung sebanyak 1 butir, dan madu sebanyak 1 sendok makan.

Cara membuatnya; kunyit, gambir dan garam disatukan dan kemudian ditumbuk hingga halus. Setelah itu, beri air panas, lalu diperas dan kemudian dicampurkan dengan bahan-bahan yang lain. Nah, minumlah sekaligus sampai habis.