Memahami Teknologi Handphone CDMA

 Memahami Teknologi Handphone CDMA

BIBLIOTIKA - Dulu, sebelum era handphone GSM nik daun, teknologi handphone FDMA atau Frecuency Division Multiple Acces pernah mengalami masa booming dengan dioperasikannya AMPS, NMT dan juga TACS di Amerika, Eropa dan Asia Pasifik. Setelah itu, kemudian muncul teknologi TDMA dengan teknologi yang disebut sebagai GSM yang kemudian dengan cepat menggusur teknologi sebelumnya.

Setelah satu dekade merajai dunia teknologi handphone, tampaknya teknologi GSM pun akan segera kembali ditinggalkan karena kemudian muncul teknologi yang lebih baru, yang kali ini dikenal dengan sebutan CDMA. Tapi benarkah…? Apakah benar CDMA akan dapat segera menggusur GSM sebagaimana dulu GSM menggusur teknologi handphone AMPS?

Apa yang dimaksud dengan teknologi CDMA itu, dan apa bedanya dengan teknologi FDMA atau TDMA?

Secara mudahnya, akses percakapan FDMA dilakukan dengan melalui pengiriman frekuensi, dimana frekuensi tersebut dibagi menjadi beberapa kanal suara. Masing-masing pelanggan kemudian memperoleh satu kanal untuk dapat melakukan percakapan melalui pesawat handphonenya. Sedangkan pada TDMA atau Time Division Multiple Access, frekuensi yang dipancarkan dibagi menjadi beberapa slot waktu untuk menghasilkan kapasitas yang besar.

Nah, pada teknologi CDMA atau Code Division Multiple Access, pada waktu melakukan akses panggilan, maka masing-masing pengguna akan diberikan sebuah kode digital untuk membedakan percakapan yang masuk. Dengan penerapan kode-kode digital tersebut, maka beberapa pengguna sekaligus akan dapat menggunakan kanal frekuensi yang sama.

Dari sini, maka CDMA telah menunjukkan keunggulannya dibanding teknologi di generasi sebelumnya. Karena dengan penggunaan kanal bersama ini, maka secara otomatis kapasitas untuk pelanggan yang tersedia pun menjadi lebih besar.

Tetapi keunggulan CDMA tidak hanya sekedar itu. Teknologi CDMA juga disebut-sebut mengadaptai teknologi yang dikembangkan militer yang mensyaratkan teknologi anti sadap pada pengiriman sinyal komunikasinya. Selain itu, ada keunggulan lain yang akan mengalami pengembangan secara lebih jauh pada CDMA ini.

CDMA yang telah pada awalnya diterapkan di beberapa negara maju seperti Amerika baru merupakan dasar dari sebuah pengembangan sistem WCDMA atau Wide Code Division Multiple Access yang akan mengaplikasikan kemampuan pengiriman sinyal suara, data, dan juga gambar secara bersamaan. Dengan sistem teknologi tersebut, dengan diiringi sistem transmisi melalui satelit dan kehandalan jaringan komunikasi terestrial, misalnya ISDN, maka dunia komunikasi pun akan segera mengalami revolusi besar.

Keunggulan dan kelebihan CDMA

Jika melihat teknologi yang ditawarkan, maka CDMA memiliki beberapa keunggulan dibanding sistem yang telah ada sebelumnya. Berikut ini beberapa di antaranya:
  1. CDMA dapat meningkatkan kapasitas lalu-lintas komunikasi secara dramatis.
  2. CDMA dapat meningkatkan kualitas suara secara dramatis dan juga mengurangi efek-efek audio serta multipath fading atau pantulan.
  3. CDMA memiliki tingkat privasi dan keamanan yang tinggi.
  4. CDMA mengurangi kemungkinan terjadinya kegagalan panggilan atau kegagalan pengiriman sinyal.
  5. CDMA dapat digunakan untuk transportasi data yang dapat diandalkan seperti faksimili dan internet.
  6. CDMA membutuhkan daya trasmisi yang jauh lebih kecil, yakni sekitar 0,2 watt.
  7. CDMA mampu mengurangi interferensi yang disebabkan oleh alat-alat elektronik yang lain.
  8. CDMA memiliki tingkat radiasi yang sangat kecil, sehingga tidak menyebabkan gangguan kepada kesehatan.
  9. CDMA menyediakan mekanisme transport yang unggul dalam komunikasi data wireless.
  10. CDMA bisa terkoneksi dengan teknologi sebelumnya, dan juga mampu bermigrasi dengan teknologi selanjutnya.