Memahami Teknologi Bluetooth pada Handphone (2)

 Memahami Teknologi Bluetooth pada Handphone

BIBLIOTIKA - Bluetooth dapat berupa card yang bentuk dan fungsinya hampir sama dengan card yang digunakan untuk wireless local area atau WLAN dengan menggunakan frekuensi radio standar EEE 802.11. Bedanya, bluetooth memiliki jangkauan jarak layanan yang lebih pendek dan kemampuan transfer data yang lebih rendah.

Produk bluetooth bisa berupa C card atau USB adapter yang dimasukkan ke dalam perangkat. Perangkat-perangkat yang dapat diintegrasikan dengan teknologi bluetooth antara lain mobile PC, mobile phone, PDA (Personal Assisten Digital), headset, kamera, printer, dan juga router.

Aplikasi-aplikasi yang dapat disediakan oleh layanan bluetooth ini antara lain PC to PC file transfer, PC to PC file synch (notebook to desktop), PC to mobile phone, PC to PDA, wireless headset, dan juga LAN connection via ethernet access point.

Apabila teknologi bluetooth ini sudah luas digunakan, maka revolusi ‘connection to the home’ pun akan segera terwujud. Sebuah komputer dapat mengontrol peralatan elektronik di dalam rumah dari semenjak televisi sampai dengan oven, tentu saja kalau alat-alat itu juga terkoneksi dengan kemampuan bluetooth.

Cara having fun dengan bluetooth

Seiring dengan makin maraknya handpone yang telah memiliki fasilitas bluetooth, orang pun memiliki cara lain dalam bersenang-senang, salah satunya adalah dengan melakukan bluejacking. Apa yang disebut sebagai bluejacking ini adalah mengirimkan suatu data tertentu (misalnya berbentuk teks) ke handphone lain yang bluetooth-nya sedang aktif. Tentu saja hal ini tanpa sepengetahuan dari si penerima.

Kalau Anda ingin bersenang-senang dengan menggunakan bluetooth ini, berikut ini adalah beberapa caranya:
  1. Yang pertama, tentu saja Anda harus memiliki handphone yang telah dilengkapi dengan fasilitas bluetooth.
  2. Kemudian, buatlah kontak baru pada phone book atau suatu pesan SMS ketika Anda sedang berada di area yang sinyalnya dapat ditangkap dengan jelas.
  3. Bukalah kembali kontak yang sudah Anda siapkan sebelumnya, lalu pilih ‘Send via Bluetooth’.
  4. Maka handphone Anda akan mencari handphone bluetooth lainnya dalam jarak sampai sepuluh meter. Biasanya akan muncul daftar available, atau sebaliknya tidak ditemukan satu pun. Apabila Anda tidak menemukannya, maka Anda bisa mencarinya di lokasi lain.
  5. Apabila Anda berada di area atau lokasi yang terdapat handphone lain yang bluetooth-nya aktif, maka handphone Anda akan memberikan daftar nama handphone yang berada dalam jangkauan. Kadang-kadang dengan melihat model handphonenya saja, Anda bisa melacak orang yang memiliki handphone tersebut.
  6. Pilihlah salah satu di antara sejumlah daftar yang masuk ke dalam kontak phone book atau pesan SMS Anda.
  7. Apabila semua berjalan lancar, maka kontak dari Anda akan dikirim ke handphone yang dituju. Have fun!