Memahami Perangkat Handphone PDA

 Tips dan Trik Seputar Handphone PDA

BIBLIOTIKA - PDA (Personal Digital Assistant) memang bukan sekedar organizer, tetapi lebih tepat jika disebut sebagai komputer mini atau komputer kecil. Seperti halnya perangkat keras yang ada di komputer, di dalam PDA juga terdapat prosesor dan memori. Perangkat lunak atau softwarenya juga terdiri atas sistem operasi dan program aplikasi. Program aplikasi ini meliputi daftar tugas atau to do list, buku alamat yang biasa disebut PIM (Personal Information Manager), juga ada program pengelola keuangan dan pencatatan.

Macam-macam aplikasi standar yang terdapat pada sebuah PDA tentu saja tergantung pada pabrik atau perusahaan yang membuatnya. Namun para pemilik PDA juga bisa mendownload shareware ataupun freeware dari internet yang jumlahnya ribuan dan memberikan begitu banyak pilihan.

PDA tentu saja bukan menjadi pengganti komputer, melainkan justru lebih tepat kalau dianggap sebagai companion atau pelengkap komputer. PDA dilengkapi dengan cradle untuk melakukan sinkronisasi dengan komputer dan mengisi energi baterai.

Jadwal janji, tugas-tugas yang perlu dikerjakan, dan juga alamat kontak teman dan rekan-rekan dapat disesuaikan dengan yang ada di komputer, atau sebaliknya. Bahkan instalasi software baru ke PDA juga dapat melalui komputer. Untuk keperluan sinkronisasi, cradle dihubungkan dengan port serial atau USB pada komputer.

Memahami perangkat PDA

Perangkat PDA yang paling terkenal dan banyak digunakan orang adalah PDA yang menggunakan sistem operasi Palm OS. Para pemain di pihak ini antara lain Palm (3Com), Hanspring, dan juga IBM. Di platform lainnya adalah komputer-komputer saku yang menggunakan sistem operasi Microsoft Pocket PC. Para pendukung dalam hal ini adalah Compaq, Casio dan Hewlett-Packard.

Kondisi keduanya mirip dengan komputer dan Macintosh, yakni saling tidak kompatibel. Program aplikasi yang ditujukan untuk Palm, tidak jalan di Pocket PC, dan begitu pun sebaliknya. Palm menggunakan prosesor dengan kecepatan 16 sampai 20 MHz, dan ini sudah bisa menjalankan semua program aplikasi dengan baik. Keuntungan Palm adalah membutuhkan memori yang kecil saja untuk dapat beroperasi pada kecepatan puncaknya.

Produk-produk Palm juga cukup variatif. Selain pilihan layar monokrom atau berwarna, Palm juga tersegmen dalam tiga kategori produk. Untuk para pemakai awal, bisa memilih Palm Ille atau Palm m100. Sedangkan untuk para pemakai tingkat menengah dapat memilih Palm Illxe dengan memori sebesar 8 MB. Untuk pemakai kelas atas dapat menggunakan Palm Illc.

Di pihak lain, produk-produk yang menggunakan sistem operasi Pocket PC seperti Compaq, Impaq, Hewlett-Packard, Jornada dan juga Casio Cassiopeia, umumnya hanya terkatagori dalam layar warna dan monokrom saja, serta kapasitas memorinya. Prosesor yang digunakan mulai dengan kecepatan 700 MHz sampai lebih dari 200 MHz. Kapasitas memori 16 MB sebagai standar dan ada juga yang menggunakan 32 MB.

Bagi para pemakai Windows, pengoperasian Pocket PC tidak akan menjadi masalah, karena selain aplikasi standar seperti yang dimiliki Palm (buku alamat, kalender, daftar tugas dan lain-lain), Pocket PC juga disertai dengan Word, Excel, Outlook, Money dan juga Internet Explorer versi sederhana (pocket). Yang menarik, Pocket PC juga ditambahi dengan digital audio playback, e-book atau buku elektronik (buku digital) dan juga video player.

Memahami fungsi-fungsi dalam PDA

PDA memang lebih praktis dan lebih ringan kalau dibandingkan dengan laptop atau notebook. Kita tidak hanya akan bisa mencatat janji-janji atau alamat-alamat kontak saja, melainkan juga dapat mengelola keuangan dengan mencatat pengeluaran ketika tengah bertugas ke luar kota, mencatat ide-ide yang datang setiap saat, sampai kepada bermain game ketika sedang menunggu antrian di rumah makan.

Lebih dari itu, apabila kita suka mendengarkan musik, maka PDA juga dapat berubah menjadi MP3 player. Sementara menikmati lagu melalui PDA, kita juga bisa sekaligus bermain-main game. Selain itu, kita juga bisa membaca e-mail atau informasi di situs-situs web yang telah kita jelajahi bersama komputer atau notebook sebelumnya.

Begitu juga dengan e-mail. Kalau kebetulan kita berlangganan banyak milis, maka mungkin kita tidak sempat membacanya semua secara langsung dan juga membalasnya. Tetapi kita bisa memasukkan e-mail yang datang dari komputer ke PDA. Setelah ada waktu luang, kita bisa membaca satu persatu sekaligus juga membalasnya. E-mail-e-mail yang ada di outbox dapat segera terkirim ketika kita melaksanakan sinkronisasi dengan komputer.