Memahami Perangkat GPS di Handphone

 Memahami Perangkat GPS di Handphone

BIBLIOTIKA - Orang-orang pada jaman dahulu seringkali mengatakan, “Malu bertanya, sesat di jalan”. Pepatah itu tentu saja benar, khususnya kalau kita tengah memasuki suatu kawasan baru yang sebelumnya belum pernah kita kenal. Kita tentu saja butuh bertanya kepada orang lain di daerah atau kawasan itu, sehingga kita tidak menjadi tersesat.

Nah, seringkali upaya bertanya pada orang itu merupakan suatu upaya yang melelahkan. Kadangkala kita merasa segan atau malu untuk melakukannya, kadangkala kita pun justru malah tambah tersesat setelah bertanya pada seseorang karena orang yang ditanya itu kebetulan memberikan informasi yang keliru.

Persoalan mengenai hal semacam itu sekarang telah terjawab dengan hadirnya sebuah teknologi baru bernama GPS (Global Positioning System) yang telah ada pada banyak perangkat handphone. Dengan teknologi GPS ini, maka orang pun tak perlu lagi repot-repot bertanya pada orang lain, juga tak perlu repot-repot tersesat ketika memasuki daerah atau kawasan baru yang belum dikenalnya.

Sesungguhnya, GPS bukanlah teknologi yang baru. Perangkat navigasi yang satu ini sudah ada dan telah dikenal semenjak dahulu, hanya saja pada waktu dahulu pemanfaatannya masih sangat terbatas untuk kalangan tertentu saja semisal para tentara yang memasuki kancah peperangan dan membutuhkan alat pemandu untuk dapat memasuki daerah-daerah tertentu.

GPS juga menjadi suatu perangkat yang umum dipasang pada pesawat-pesawat, kapal laut, atau juga dimanfaatkan oleh satuan-satuan khusus semacam tim penyelamat yang dikenal sebagai SAR.

Namun sekarang, perangkat yang satu ini mulai menjadi sarana yang dapat dikatakan umum dipakai oleh siapapun, khususnya bagi orang yang memiliki handphone yang telah dilengkapi dengan perangkat teknologi yang satu ini. Atau, orang dapat langsung membeli perangkat GPS tanpa harus membeli handphone karena perangkat GPS juga ada yang dijual secara terpisah (tidak menyatu dengan perangkat handphone).

Handphone, GPS, dan peta digital

Fasilitas GPS di handphone yang tidak dilengkapi dengan peta tentu saja menjadikannya tidak lengkap. Kalau tidak dipadukan, maka keduanya (GPS dan peta) akan berkurang manfaatnya. Bayangkan kalau ada peta digital namun tidak ada GPS atau sebaliknya, maka mencari satu titik lokasi tertentu akan menjadi sesuatu yang jelas menyulitkan.

Saat ini, peta digital biasanya sudah disertakan ketika membeli handphone yang telah memiliki sistem GPS. Fasilitas yang diberikan oleh peta digital ini tidak hanya sekedar informasi, tetapi juga link ke server pencarian lokasi dalam bentuk tiga dimensi, seperti yang disuguhkan oleh Google Earth.

Selain peta digital yang telah disertakan ke dalam perangkat handphone, beberapa penyedia solusi peta digital dengan bebas menawarkan produknya untuk versi handphone ataupun PDA phone yang memiliki sistem GPS. Salah satu di antaranya Mapking yang menyediakan peta digital untuk puluhan negara di seluruh dunia. Selain Napking ada juga Tomtom dari Belanda dan Wayfinder dari Inggris, yang fokus untuk peta digital di kawasan Eropa.

Selain pemain-pemain di atas, Google dan Yahoo misalnya, juga sudah menyiapkan layanan peta digital untuk handphone. Google Maps, misalnya, sekarang sudah diinstal ke dalam beberapa produk handphone dan juga bebas didownload, meskipun oleh handphone yang bukan handphone GPS. Jadi, tanpa GPS pun sebuah handphone dengan peta digital Google dapat melacak sebuah tempat tujuan dengan mudah.