Memahami, Mencegah, dan Mengatasi Influenza

  Memahami, Mencegah, dan Mengatasi Influenza

BIBLIOTIKA - Penyakit ini biasa pula disebut dengan istilah yang lebih singkat, yakni ‘flu’. Influenza atau flu ini adalah infeksi yang terjadi pada saluran pernapasan atas. Biasanya disertai dengan demam yang tinggi atau cukup tinggi dengan suhu tubuh yang lebih dari 37.5 derajat Celcius. Selain itu, flu juga biasanya disertai dengan batuk dan hidung tersumbat, batuk-pilek, atau juga sesak napas.

Pada kebanyakan orang dewasa, influenza biasanya dapat sembuh sendiri tanpa diobati. Namun pada anak-anak atau orang yang telah lanjut usia, influenza cenderung lebih lama waktu sembuhnya.

Meskipun mungkin tergolong sebagai penyakit yang ringan, influenza sangat mudah menular dan biasanya ditularkan melalui batuk, bersin, atau tangan yang tidak dicuci setelah kontak dengan cairan hidung atau mulut.

Gejala yang biasanya menyertai penyakit yang ‘populer’ ini adalah demam, kedinginan, meriang, mata merah (sering berair), otot atau tulang yang terasa nyeri, batuk, sakit tenggorokan, atau juga hidung yang berair yang mungkin menetap selama satu sampai dua minggu setelah gejalanya hilang.

Influenza disebabkan karena virus yang memiliki nama sama; influenza. Cara pencegahannya adalah dengan menghindari tempat-tempat yang sedang ada wabah flu, banyak minum air putih yang hangat, dan juga membiasakan diri dengan diet yang seimbang. Selain itu olahraga yang teratur dan istirahat yang cukup juga dapat menjauhkan kita dari penyakit tersebut.

Namun, jika suatu saat kita masih saja ‘didatangi’ oleh penyakit yang memang ‘populer dan terkenal’ ini, kita bisa memanfaatkan madu untuk memeranginya. Bahannya hanya menggunakan madu, serai, jahe sebesar ibu jari, dan daun salam.

Cara membuat ramuannya; jahe diparut, kemudian diperas dan dicampurkan dengan madu sebanyak 1 sendok makan. Setelah itu, konsumsilah campuran tersebut kapan saja kita inginkan.

Kemudian, pada malam harinya, pengobatan dapat dilanjutkan dengan membuat ramuan yang terdiri dari batang serai sebanyak 1 sampai 2 lembar, dan 2 lembar daun salam yang telah diremas-remas. Kedua bahan tersebut direbus di dalam air sebanyak 1 gelas, dan biarkan sampai airnya mendidih. Setelah itu diangkat dan disaring. Terakhir, masukkan 1 sendok makan madu, lalu minumlah sebelum tidur ketika masih dalam keadaan hangat.