Memahami, Mencegah, dan Mengatasi Insomnia

Memahami, Mencegah, dan Mengatasi Insomnia

BIBLIOTIKA - Insomnia atau sulit tidur, secara medis, biasanya merupakan gejala awal penuaan dan biasanya juga bersifat sementara. Gangguan insomnia ini bisa menjadi masalah besar apabila terjadi setiap malam, sehingga jatah waktu tidur menjadi berkurang atau sering berkurang. Jika waktu tidur orang yang normal adalah 6 sampai 8 jam, maka orang yang seringkali menderita insomnia akan mengalami kekurangan tidur dari waktu ‘ideal’ yang ditetapkan itu.

Secara langsung, insomnia memang tidak berpengaruh terhadap fisik, namun akan mempengaruhi kinerja fisik sehari-hari. Jika tidak mendapatkan penanganan yang tepat, maka fisik pun secara perlahan-lahan akan mengalami kekurangan bahkan kehilangan daya tahannya. Ketika hal itu terjadi, maka penyakit akan menjadi mudah masuk dan mudah menyerang.

Insomnia dapat ditandai dari gejala-gejala berikut; sebagian orang (penderita) merasa sukar untuk memulai tidur dan merasa sulit untuk dapat memejamkan mata untuk tidur. Sebagian penderita yang lain ada yang merasa mudah tidur, namun kemudian sering terbangun pada saat tidur. Insomnia memang bukan hanya dilihat dari lamanya tidur, namun juga dari kualitas tidur yang baik.

Insomnia biasanya disebabkan oleh banyak hal, di antaranya; stres di rumah atau di lingkungan pekerjaan, pertambahan usia, cemas dan depresi, lingkungan yang ramai sehingga menyebabkan sulit untuk tidur, atau juga karena perubahan pola hidup—seperti pindah rumah, perubahan jam atau waktu tidur, atau juga karena kerja malam.

Untuk mencegah penyakit insomnia, kita dapat mengikuti saran-saran berikut ini:
  1. Pastikan tempat tidur benar-benar nyaman dan bersih agar tidur tidak terganggu.
  2. Hindari mengkonsumsi kopi pada waktu malam hari atau ketika menjelang tidur.
  3. Hindari makan yang berlebihan pada saat mau tidur, juga hindari perut kosong pada malam hari—karena itu juga akan mengganggu ‘sukses’nya tidur.
  4. Jangan memikirkan masalah-masalah yang dihadapi seharian, lepaskan pikiran dan cobalah untuk menenangkan pikiran.
  5. Usahakan untuk berolahraga ringan pada waktu sore hari, sehingga dapat membuat perasaan lelah pada malam harinya, sehingga dapat menyebabkan keadaan pulas saat tidur.

Jika Anda merasa terganggu dengan insomnia ini dan merasa sering tak bisa tidur pada malam hari sehingga Anda merasa terganggu karenanya, cobalah ambil madu dan teh. Untuk mengatasi insomnia tersebut, larutkanlah 2 sendok makan madu ke dalam segelas teh hangat, dan minumlah pada waktu pagi serta sore hari secara rutin.

Apabila dengan hal tersebut Anda masih saja merasa sulit tidur, maka Anda dapat mengkonsumsi ramuan tadi sewaktu-waktu jika Anda memerlukannya.