Memahami Cara Kerja GPS di Handphone

Memahami Cara Kerja GPS di Handphone

BIBLIOTIKA - Handphone dengan GPS atau perangkat GPS sendiri, biasanya telah dilengkapi dengan sebuah peta digital yang cukup lengkap dan juga komprehensif.

Untuk peta jalan raya, misalnya, gambar di peta tidak hanya memperlihatkan jalan utama saja, melainkan juga jalan-jalan alternatifnya. Jadi kita tinggal mengaktifkan koneksi GPS, lalu menyetel titik tujuan dan kemudian tinggal mengikuti petunjuk arah yang biasanya ditampilkan dalam bentuk gambar atau arah panah.

Beberapa handphone atau perangkat GPS malah terkadang dilengkapi juga dengan teknologi petunjuk suara. Jadi, sebelum sampai pada suatu persimpangan jalan, misalnya, kita pun sudah diberitahu untuk berbelok ke arah mana atau ambil jalan lurus.

Apabila perangkat GPS biasa hanya mengandalkan koneksi satelit, maka GPS pada handphone sudah ditambahi pula dengan kemampuan A-GPS atau Assisted Global Positioning System.

Apa yang disebut sebagai A-GPS ini bekerja dengan memanfaatkan jaringan dari operator yang ada untuk koneksi GPS-nya, jadi tidak hanya mengandalkan sinyal dari satelit yang biasanya kemampuannya terbatas karena tak bisa dipakai di dalam ruangan yang tertutup atau tak bisa optimal ketika digunakan pada cuaca yang berawan.

Dengan cara penggunaan atau pengoperasian yang cukup mudah, perangkat GPS akan sangat membantu perjalanan kita. Ketika memasuki suatu kawasan yang belum dikenal, perangkat GPS dapat menjadi pemandu. Begitu pun ketika memasuki kawasan yang mungkin telah kita kenal, GPS juga dapat membantu.

Misalnya, kita tengah berlibur ke kampung halaman dan kita sudah terbiasa dengan jalan atau arah yang kita tuju. Tetapi, kalau kebetulan jalan atau arah yang kita tuju itu tengah mengalami gangguan tertentu, maka GPS dapat memberikan ‘saran’ untuk menggunakan jalan-jalan alternatif yang ada—yang mungkin belum sempat kita ketahui sebelumnya.

Selain kelebihan di atas, GPS juga memudahkan kita dalam hal lainnya, dalam hal ini adalah dapat mengirimkan detail posisi koordinatnya kepada seorang teman yang kita tuju. Kemudian, orang yang kita tuju itu dapat mendownloadnya melalui Google Map.

Jadi, kalau seumpama kita bepergian ke suatu tempat, maka orang yang akan menjemput kita cukup mengikuti petunjuk dari detail koordinat yang sudah dikirimkan tadi. Hal itu dimungkinkan karena GPS di handphone menggunakan suatu teori matematika yang disebut sebagai trileterasi.