Manfaat Makanan Berserat untuk Tubuh

 Manfaat Makanan Berserat untuk Tubuh

BIBLIOTIKA - Serat adalah hal penting yang dibutuhkan tubuh. Karenanya, kita pun disarankan untuk selalu mengonsumsi makanan yang mengandung serat. Di antara fungsi serat untuk kesehatan tubuh adalah kemampuannya dalam menjaga kesehatan pencernaan, mengurangi konsumsi kalori, dan mencegah kolesterol. Berikut ini uraiannya.

Menjaga tubuh tetap ideal

Serat memiliki kemampuan dalam mengurangi intensitas makan seseorang, karena konsumsi serat yang cukup akan membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Hasilnya, Anda pun tidak akan mudah tergoda untuk ngemil atau menikmati makanan-makanan ringan yang hanya akan menimbun lemak dalam tubuh.

Menjaga kesehatan pencernaan

Jika Anda mengonsumsi makanan yang sulit dicerna dalam alat-alat pencernaan, serat akan membantu proses pemecahan makanan tersebut. Karenanya, mengonsumsi serat dalam jumlah cukup akan menjauhkan Anda dari masalah pencernaan semisal sembelit, susah buang air besar, atau semacamnya.

Mengurangi konsumsi kalori

Berdasarkan penelitian, makanan-makanan yang mengandung serat kebanyakan adalah bahan-bahan makanan yang rendah kalori. Karenanya, mengonsumsi makanan berserat sama artinya mengurangi konsumsi kalori bagi tubuh. Selain itu, makanan-makanan berserat juga umumnya mengandung vitamin dan mineral yang merupakan pendukung kesehatan tubuh Anda.

Mencegah penyakit kolesterol

Ada kolesterol jahat yang disebut LDL, dan ada kolesterol baik yang disebut HDL. Makanan berserat dapat mendukung program diet, karena dapat mencegah produksi LDL atau kolesterol jahat. Jika kolesterol jahat dapat ditekan, maka tingkat risiko diabetes akan semakin kecil.