Makanan yang Perlu Dikonsumsi Saat Sahur

Makanan yang Perlu Dikonsumsi Saat Sahur

BIBLIOTIKA - Umat Muslim menjalani ibadah puasa setahun sekali selama sebulan. Selama sebulan penuh, mereka tidak makan dan minum di waktu siang dan hanya makan minum di waktu malam, dari tenggelamnya matahari sampai terbitnya fajar. Untuk menunjang fisik menjalani puasa, makan sahur dibutuhkan agar tubuh mendapat asupan nutrisi yang cukup untuk menjalani puasa selama seharian.

Pilihan makanan yang dikonsumsi saat sahur akan ikut mempengaruhi kondisi fisik ketika puasa pada siang harinya. Karenanya, memilih makanan yang tepat bisa membantu tubuh tetap kuat dan fit selama puasa. Berikut ini beberapa makanan yang perlu dikonsumsi saat sahur.

Makanan berkarbohidrat kompleks

Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks akan membuat Anda tidak mudah lapar. Selain itu, karbohidrat adalah bahan bakar utama yang digunakan tubuh dan otak untuk melakukan aktivitas fisik maupun mental. Jika tubuh kekurangan karbohidrat, Anda akan mudah lelah, letih, serta sulit berpikir. Selain itu, kekurangan karbohidrat juga mempengaruhi mood yang bisa membuat Anda mudah marah.

Beberapa makanan yang mengandung karbohidrat kompleks di antaranya gandum utuh, buah-buahan, sayuran, biji-bijian, produk kedelai, susu, dan acar.

Makanan mengandung cairan

Selama puasa seharian, tubuh sama sekali tidak mendapat asupan cairan, karena tidak minum. Untuk menjauhkan kemungkinan dehidrasi, Anda harus mengonsumsi banyak air atau makanan yang mengandung cairan, agar kebutuhan cairan tubuh tetap terjaga.

Pastikan untuk mengonsumsi air dalam jumlah cukup, makan makanan yang mengandung air seperti sup dan lainnya, serta mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung banyak air. Semua itu akan sangat membantu tubuh Anda selama berpuasa. Namun, Anda perlu menghindari minuman seperti kopi atau soda. Meski sama-sama cairan, jenis minuman tersebut bersifat diuretik, sehingga mudah menghilangkan cairan tubuh.

Kurma

Kurma identik dengan bulan puasa Ramadhan. Buah kering ini tidak hanya baik digunakan untuk berbuka puasa, namun juga baik untuk dikonsumsi saat sahur. Kurma mengandung serat yang tinggi dan penting untuk menjaga kesehatan pencernaan serta gerakan lambung dan usus. Kurma juga membantu mencegah konstipasi serta melancarkan buang air besar.