Makanan yang Perlu Dikonsumsi Orang Berusia 50 Tahun

 Makanan yang Perlu Dikonsumsi Orang Berusia 50 Tahun

BIBLIOTIKA - Ada makanan yang baik untuk bayi, untuk anak-anak, untuk remaja, untuk orang dewasa, juga untuk orang tua. Usia yang berbeda memang membutuhkan asupan nutrisi yang berbeda. Bayi membutuhkan makanan untuk tumbuh besar. Anak-anak dan remaja membutuhkan nutrisi untuk berkembang. Orang dewasa membutuhkan asupan gizi untuk menunjang kesehatan, agar dapat bekerja dan beraktivitas dengan baik. Begitu pun orang tua, khususnya yang telah berusia 50 tahun.

Ketika usia makin senja, tubuh biasanya makin mudah lelah dan lebih gampang terserang masalah kesehatan. Untuk itulah, orang tua membutuhkan makanan-makanan tertentu yang dapat menunjang kesehatan serta kebugaran mereka. Berikut ini di antaranya.

Gandum utuh

Gandum utuh mengandung serat yang tinggi, sehingga membantu melancarkan pencernaan, khususnya bagi orang yang telah berusia 50 tahun. Sangat baik jika Anda mengonsumsi gandum utuh setiap hari. Anda bisa menjadikan gandum utuh sebagai pengganti nasi. Selain kaya serat, gandum utuh juga mengandung berbagai nutrisi lain yang tidak terdapat pada nasi.

Kacang-kacangan


Kacang-kacangan mengandung serat, protein, dan kalium, yang bekerja melawan sodium yang biasanya memicu peningkatan tekanan darah. Kacang-kacangan juga mengandung protein yang tinggi, sehingga bisa dijadikan pengganti daging bagi vegetarian. Anda bisa mengonsumsi kacang merah, kacang hitam, dan jenis kacang-kacangan lainnya.

Kentang

Kentang mengandung kalium yang sangat baik untuk tubuh, khususnya bagi orang yang telah berusia 50 tahun. Cara paling baik mengonsumsi kentang adalah dengan cara dikukus, dipanggang, atau dihaluskan. Pada waktu mengolah kentang, sebaiknya jangan buang kulitnya, karena pada kulit tersebut terkandung nutrisi yang penting. Cukup bersihkan kentang dengan baik, agar tidak terdapat kotoran yang melekat pada kulitnya.

Salmon 


Saat usia makin meningkat, tubuh biasanya lebih rentan terkena masalah kesehatan. Karenanya, orang berusia 50 tahun perlu mengonsumsi asupan lemak omega-3 yang membantu menjaga kondisi tubuh agar lebih kebal terhadap penyakit. Asam lemak omega-3 juga ampuh melawan penurunan kognitif otak dan penyakit Alzheimer. Sumber terbaik asam lemak omega-3 yang bisa dikonsumsi orang berusia 50 tahun adalah ikan salmon.

Alpukat

Alpukat mengandung lemak baik yang membantu menyehatkan jantung, sehingga baik dikonsumsi orang berusia 50 tahun. Alpukat bisa dikonsumsi dalam berbagai olahan, misalnya dibuat jus, dimakan langsung, dibuat salad, atau dijadikan selai untuk mengoles roti.

Bluberi

Selain alpukat, bluberi juga merupakan buah yang sehat karena mengandung antioksidan yang membantu menjaga kekebalan tubuh, khususnya untuk orang berusia 50 tahun. Selain bluberi, buah berwarna ungu lain yang bisa dikonsumsi adalah plum dan anggur. Intinya, semakin berwarna-warni buah-buahan yang dimakan, semakin baik pula dampaknya bagi kesehatan. Karenanya, tak perlu ragu mengonsumsi berbagai jenis buah lainnya.

Apel

Sama seperti kentang, apel juga memiliki kandungan nutrisi tinggi dalam kulitnya. Karenanya, ketika mengonsumsi apel, sebaiknya jangan buang kulitnya. Apel sangat baik dikonsumsi saat masih segar, karena kandungan nutrisinya lebih tinggi dan lebih lengkap. Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk jus atau dimakan langsung. Dimakan dalam bentuk apa pun, sebaiknya makan pula bagian kulitnya.

Kopi

Asal dikonsumsi dalam jumlah terbatas, misalnya satu cangkir sehari, kopi baik dikonsumsi orang berusia 50 tahun ke atas. Kopi menggandung antioksidan yang baik untuk tubuh peminumnya. Meski begitu, untuk memastikan kesehatan tubuh Anda tidak bermasalah dengan kopi, ada baiknya Anda mengonsultasikannya terlebih dulu dengan dokter Anda.

Kue kering

Makanan manis dipercaya tidak baik bagi kesehatan. Memang benar, jika dikonsumsi secara berlebihan, atau menggunakan zat pemanis yang tidak alami. Jika dikonsumsi dalam batas wajar, dan menggunakan bahan yang alami, makanan manis tetap baik dikonsumsi. Salah satunya kue-kue kering. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah, sehingga dapat memastikan pemanis yang digunakan murni seperti gula atau madu.

Air putih

Minum air putih sebenarnya sangat dibutuhkan oleh semua orang, dari segala umur. Jika Anda telah berusia 50 tahun, Anda tetap perlu mengonsumsi air putih dalam jumlah cukup untuk menjaga hidrasi tubuh, mengusir racun-racun dari dalam tubuh, mengedarkan nutrisi ke seluruh sel, dan lain-lain. Jika Anda kurang menyukai air putih yang rasanya hambar, Anda bisa menambahkan irisan lemon, semangka, stroberi, atau buah-buahan lain yang menyegarkan.