Makanan yang Meredakan Kulit Terbakar Matahari

 Makanan yang Meredakan Kulit Terbakar Matahari

BIBLIOTIKA - Sering beraktivitas di luar ruangan yang langsung terpapar sinar matahari menjadikan kulit kita rentan terbakar. Karenanya, kita pun disarankan untuk memanfaatkan tabir surya demi melindungi kulit dari sinar matahari yang terik.

Jika Anda kebetulan mengalami masalah kulit akibat terpapar sinar matahari, Anda bisa mengonsumsi makanan-makanan berikut ini untuk membantu mengatasinya.

Almond

Almond mengandung vitamin E, antioksidan yang melindungi kulit dari sinar matahari. Selain itu, minyak almond dan susu almond juga dikenal mampu meredakan masalah kulit terbakar akibat sinar matahari.

Teh hijau

Teh hijau mengandung polifenol, antioksidan yang mengurangi inflamasi. Mengonsumsi teh hijau dapat membantu menurunkan reaksi kulit akibat terbakar sinar matahari. Selain mampu mengurangi inflamasi, polifenol dalam teh hijau juga membantu dalam hal memerangi kanker kulit.

Salmon

Kandungan asam lemak omega-3 yang terdapat pada ikan salmon merupakan nutrisi penting untuk menjaga kulit selalu sehat dan bersinar. Asam lemak tersebut  juga membantu kulit tetap lembap. Penelitian membuktikan, salmon mampu melindungi kulit akibat terbakar matahari.

Tomat

Tomat mengandung likopen, antioksidan yang membantu meredakan inflamasi akibat sinar matahari. Karenanya, tomat juga termasuk makanan yang meredakan kulit terbakar akibat paparan sinar matahari. Tomat olahan, seperti saus, bumbu, dan jus, juga memiliki kandungan likopen di dalamnya.

Wortel

Wortel mengandung betakaroten yang tidak hanya bagus dalam melindungi kesehatan mata, namun juga membantu menjaga kesehatan kulit serta mencegah berbagai penyakit lain. Mengonsumsi wortel secara rutin bisa membantu mengatasi kulit yang terbakar sinar matahari.