Makanan yang Menurunkan Kadar Gula Dalam Darah

Makanan yang Menurunkan Kadar Gula Dalam Darah

BIBLIOTIKA - Diabetes memang penyakit yang menyusahkan. Selain penderitanya harus sangat berhati-hati dalam mengonsumsi makanan, penyakit ini juga mengharuskan penderitanya untuk selalu memantau keadaan tubuhnya, yang salah satunya mengontrol tingkat gula dalam darah.

Salah satu upaya untuk mengatasi penyakit diabetes memang menurunkan kadar gula dalam darah, dan karena itu pula penderita diabetes harus selalu memperhatikan makanan yang mereka konsumsi, dengan tujuan agar kadar gula tidak terus naik.

Berikut ini adalah makanan-makanan yang bisa membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Meski makanan-makanan ini juga dapat dikonsumsi siapa pun, namun penderita diabetes akan sangat terbantu jika mengonsumsinya.

Oatmeal

Oatmeal mengandung banyak serat. Ketika dikonsumsi, oatmeal membantu mengontrol tingkat gula darah tetap stabil, karena melepaskan energi secara perlahan.

Buncis

Buncis dan kacang-kacangan hanya mengandung sedikit lemak, namun kaya protein, dan dilengkapi dengan serat. Anda bisa membuat masakan dengan variasi kacang-kacangan seperti buncis, lentil, kacang merah, dan lainnya.

Alpukat

Alpukat mengandung serat yang memperlambat sistem pencernaan, dan mencegah kadar gula dalam darah meningkat terlalu cepat. Selain itu, alpukat juga mengandung lemak baik. Walaupun baik dikonsumsi, namun penderita diabetes sebaiknya tidak terlalu sering mengonsumsinya, karena alpukat juga mengandung kalori tinggi.

Kayu manis

Kayu manis mampu meningkatkan kemampuan insulin untuk merespons glukosa, yang pada akhirnya membantu menurunkan tingkat gula darah, dan menurunkan kolesterol jahat.

Ikan

Jenis-jenis ikan seperti salmon, sarden, makarel, dan ikan lain yang mengandung asam lemak omega-3, sangat baik untuk dikonsumsi karena menyehatkan tubuh. Jenis-jenis ikan tersebut juga rendah lemak serta rendah kolesterol.

Kacang-kacangan

Selain mengandung serat, kacang semacam almond, pecan, walnut, dan lainnya, juga mengandung lemak sehat. Agar lebih sehat, pilihlah kacang yang kandungan garamnya sedikit, dan konsumsilah dalam batas yang wajar, karena kacang juga mengandung kalori tinggi. Mengonsumsi kacang tidak hanya membuat Anda cepat kenyang, namun juga membantu mengontrol tingkat gula dalam darah.

Ubi jalar

Dibandingkan kentang, ubi jalar mengandung serat lebih banyak. Karenanya, ubi jalar mampu menurunkan lebih banyak kadar gula dalam darah.

Sayuran

Sayuran segar memiliki lemak dan kalori yang rendah, namun tinggi serat dan kaya cairan. Selain membantu Anda lebih mudah kenyang, sayuran juga tidak menyebabkan tingkat gula dalam darah meningkat.