Makanan yang Membersihkan Nikotin Dalam Tubuh

Makanan yang Membersihkan Nikotin Dalam Tubuh

BIBLIOTIKA - Nikotin adalah zat yang terdapat pada tembakau. Pada waktu zat tersebut masuk ke dalam tubuh melalui rokok yang diisap, nikotin bisa meningkatkan tekanan darah dan risiko kerusakan paru-paru. Selain itu, efek nikotin akan berlangsung hingga bertahun-tahun, meski seseorang sudah berhenti merokok.

Jika Anda adalah mantan perokok yang ingin membersihkan tubuh dari sisa-sisa efek nikotin, atau Anda ingin berhenti merokok namun merasa sulit akibat pengaruh nikotin yang masih ada dalam tubuh, Anda bisa rutin mengonsumsi makanan berikut ini untuk mengeluarkan sisa-sisa nikotin yang tertinggal.

Brokoli

Kebiasaan merokok mengurangi kandungan vitamin C di dalam tubuh. Brokoli merupakan sumber vitamin C dan B5. Rutin mengonsumsi brokoli dapat mengurangi kadar nikotin dalam tubuh Anda.

Jeruk

Sama seperti brokoli, jeruk juga merupakan makanan yang kaya vitamin C. Mengonsumsi jeruk secara teratur dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan mengurangi stres.

Wortel

Ketika Anda merokok satu kali, kandungan nikotin dalam rokok akan masuk ke dalam tubuh, dan mengendap di dalamnya selama tiga hari. Ketika endapan itu makin banyak dan makin menebal, efeknya adalah kerusakan kulit yang lama-lama tampak kusam.

Mengonsumsi wortel secara rutin dapat mengatasi hal itu. Wortel mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin K, dan vitamin B, yang kombinasi kesemuanya membantu menghilangkan nikotin dari sistem tubuh.

Bayam

Bayam adalah sayuran hijau yang kaya asam folat. Jika Anda telah berhenti merokok, Anda bisa membersihkan sisa-sisa nikotin dalam tubuh dengan rutin mengonsumsi bayam.

Kiwi

Kiwi memiliki kandungan tiga vitamin, yaitu vitamin A, vitamin C, dan vitamin E, yang kesemuanya membantu menghilangkan nikotin dari dalam tubuh.

Buah beri

Kelompok buah beri semisal stroberi dan lainnya, sangat baik dikonsumsi karena mengandung antioksidan tinggi. Selain itu, buah-buah beri juga membantu menghilangkan nikotin dari tubuh.

Air

Aktivitas merokok menyebabkan dehidrasi. Karenanya, para perokok biasanya banyak minum, karena tubuh terus-menerus mengalami kekurangan cairan. Setelah berhenti merokok, Anda tetap bisa mengonsumsi banyak air untuk mengurangi dan membersihkan kadar nikotin dalam tubuh.