Makanan yang Membantu Tidur Lebih Nyenyak

 Makanan yang Membantu Tidur Lebih Nyenyak

BIBLIOTIKA - Insomnia dapat menjadikan Anda sulit tidur, atau tidur Anda menjadi tidak nyenyak karena sering terbangun. Padahal, tidur yang berkualitas sangat dibutuhkan sebagai istirahat yang baik untuk mengembalikan energi yang hilang. Tidur berkualitas juga dibutuhkan untuk menunjang aktivitas di keesokan harinya.

Jika Anda kebetulan mengalami insomnia, atau tidur Anda sering tidak nyenyak karena terbangun berkali-kali, makanan berikut ini bisa membantu.

Teh chamomile

Bunga chamomile telah dikenal sebagai herba yang mampu meredakan rasa cemas dan menenangkan tubuh. Karena manfaatnya tersebut, bunga chamomile pun dimanfaatkan sebagai teh. Meminum teh chamomile sebelum tidur bisa membantu Anda beristirahat lebih baik, dan tidur lebih nyenyak.

Almond

Kacang almond mengandung magnesium yang bermanfaat dalam menenangkan otot-otot tubuh yang kaku. Selain itu, kacang almond juga kaya protein yang menjaga kadar gula darah tetap stabil, dan membantu Anda tidur lebih nyenyak.

Oatmeal

Tidak hanya baik dikonsumsi sebagai menu sarapan, oatmeal juga baik dijadikan sebagai menu makan malam, khususnya jika Anda ingin dapat tidur lebih nyenyak. Oatmeal mengandung serat dan mineral yang mampu membantu tubuh serta pikiran lebih tenang.

Keju

Tidur yang tidak nyenyak bisa disebabkan karena masalah pencernaan. Mengonsumsi keju bisa membantu pencernaan lebih rileks. Selain itu, keju juga mengandung tryptophan, sejenis asam amino yang berperan dalam peningkatan kualitas tidur.

Anggur

Menikmati anggur setelah makan malam dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak. Hal itu dimungkinkan, karena anggur adalah satu-satunya buah yang mengandung melatonin, yaitu hormon yang mengatasi masalah kesulitan tidur.

Pisang

Pisang mengandung kalium, magnesium, dan tryptophan, yang kesemuanya membantu tubuh lebih rileks, sehingga dapat menjadikan Anda tidur lebih nyenyak.

Roti bakar

Menikmati roti bakar pada malam hari tentu menyenangkan. Selain membuat kenyang, roti bakar juga dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak. Ketika dikonsumsi, roti bakar memicu produksi insulin yang mengeluarkan serotonin serta tryptophan, untuk membuat tidur lebih lelap.