Makanan yang Membantu Menyehatkan Otot

 Makanan yang Membantu Menyehatkan Otot

BIBLIOTIKA - Otot adalah bagian tubuh yang membantu kita bergerak dan menjalankan aktivitas sehari-hari. Otot yang sehat menjadikan pergerakan tubuh dan aktivitas berjalan dengan lancar. Sebaliknya, otot yang bermasalah menjadikan aktivitas juga bermasalah. Selain berolahraga, mengonsumsi makanan yang tepat juga bisa membantu kesehatan serta kekuatan otot tubuh kita. Berikut ini di antaranya.

Telur


Telur tidak hanya mengandung protein, namun juga nutrisi lain seperti kalsium, vitamin, zat besi, dan zinc, yang membantu membentuk otot sehat dan kuat.

Ayam tanpa tulang

Di antara bagian yang lain, dada ayam adalah bagian daging yang mudah dimasak dan lezat. Mengonsumsi dada ayam tanpa tulang memungkinkan tubuh kita menerima cukup lemak untuk menyehatkan otot.

Minyak ikan

Minyak ikan mengandung omega-3 dan anti-inflamasi, serta membantu meningkatkan metabolisme. Mengonsumsi minyak ikan menjadikan tubuh lebih dapat mengonsumsi makanan berenergi, dan membentuk otot lebih kuat.

Kalkun


Daging kalkun adalah makanan super dalam hal menyehatkan dan menguatkan otot, karena mengandung lebih dari 11 mineral dengan berbagai jenis vitamin yang membantu meningkatkan kadar protein dalam tubuh.

Nanas

Di dalam nanas terdapat enzim bromelein, yaitu enzim yang mampu memberi asupan tambahan protein dalam sistem pencernaan. Nanas juga ampuh meredakan inflamasi pada otot setelah Anda berolahraga.

Sereal

Menikmati sereal sebagai menu sarapan bisa membantu menyehatkan dan menguatkan otot, karena sereal mengandung vitamin, karbohidrat, protein, serat, dan mineral yang membantu dalam hal itu.

Selain makanan-makanan yang disebutkan di atas, memiliki otot yang sehat dan kuat juga perlu asupan air dalam jumlah cukup. Jika tubuh Anda mengalami dehidrasi, otot akan lemas, dan berbagai risiko kesehatan akan datang. Karenanya, jangan lupa untuk rutin mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup. Di samping air, berikut ini beberapa nutrisi yang juga menunjang kesehatan otot:

Vitamin C: Makanan yang mengandung vitamin C mampu melancarkan peredaran darah, sehingga otot menerima asupan oksigen yang cukup, dan mampu berkembang dengan baik. Vitamin C juga termasuk penghasil kolagen, materi dalam tubuh yang berfungsi membentuk tulang dan otot.

Minyak ikan: Minyak ikan dapat menurunkan inflamasi, sehingga mampu mengatasi kelelahan otot akibat aktivitas dan kerja keras. Minyak ikan juga kaya asam lemak omega-3 yang meningkatkan sensitivitas insulin, sehingga mampu mencegah penyakit diabetes.

Kalsium: Tidak hanya baik untuk tulang, kalsium juga baik untuk kesehatan dan kekuatan otot. Makanan yang merupakan sumber kalsium juga bukan hanya susu, namun juga sayuran hijau dan suplemen. Jika Anda mengonsumsi suplemen untuk asupan kalsium, sebaiknya pilih yang di dalamnya juga terdapat vitamin D.

Magnesium: Kekurangan magnesium menjadikan otot mudah lelah, nyeri otot, hingga sakit perut, khususnya bagi wanita saat mengalami siklus menstruasi. Karenanya, asupan magnesium sangat dibutuhkan, khususnya untuk menunjang kesehatan dan kekuatan otot.

Vitamin B:
Berbagai vitamin B, yaitu B1, B2, B3, B6, B7, dan B12, sangat penting untuk kesehatan otot, khususnya jika Anda ingin membentuk otot yang sehat dan kuat. Vitamin-vitamin B tersebut berperan dalam proses metabolisme yang membakar makanan menjadi energi, demi mengontrol kandungan lemak dalam tubuh.

Vitamin D: Vitamin ini tidak hanya mampu memperbaiki suasana hati, namun juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan menyehatkan otot. Vitamin D dibutuhkan untuk kontraksi, menjaga fungsi, dan pertumbuhan otot sehat. Sinar matahari pagi adalah sumber vitamin D paling murah dan paling mudah diperoleh.

Vitamin E: Dalam menjaga kesehatan otot, vitamin E mampu membantu mengembalikan stamina tubuh setelah beraktivitas fisik. Almond adalah salah satu makanan yang kaya vitamin E. Di dalam almond juga terkandung protein, lemak sehat, dan serat.