Makanan yang Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol

 Makanan yang Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol

BIBLIOTIKA - Kolesterol adalah salah satu lemak tubuh, atau juga dikenal dengan nama lipid. Sebagai lemak tubuh, kolesterol memiliki berbagai fungsi di dalam tubuh kita, jika kadarnya normal.

Fungsi kolesterol sebagai lemak tubuh di antaranya sebagai penyusun struktur pada membran sel, melindungi kulit dari racun dan masalah kekeringan pada kulit tubuh, serta pembentukan vitamin D (bersama sinar UV). Namun, jika kadar kolesterol dalam darah berlebihan, berbagai gangguan kesehatan pada tubuh bisa terjadi, seperti gangguan ereksi, gagal ginjal, serta jantung.

Makanan-makanan berikut ini dapat membantu Anda menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, sehingga kadarnya kembali normal.

Tomat

Tomat mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Untuk mengonsumsinya, Anda bisa menjadikan tomat sebagai jus, dan meminumnya dua kali setiap hari. Rutin mengonsumsi jus tomat akan menurunkan kadar kolesterol jahat.

Delima

Sebagaimana tomat, delima memiliki kemampuan dalam menurunkan kolesterol. Delima dapat mengurangi penumpukan plak kolesterol, serta mampu meningkatkan produksi oksida nitrat yang membantu dalam mengurangi plak pada arteri.

Alpukat

Ada dua jenis kolesterol dalam tubuh kita, yaitu kolesterol baik dan kolesterol jahat. Alpukat mampu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh kita. Menikmati jus alpukat setiap hari bisa menjadi pilihan yang menyehatkan.
   
Anggur

Sama seperti alpukat, anggur juga sangat bagus dalam meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh kita. Meminum dua gelas jus anggur setiap hari sangat dianjurkan untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh.

Bawang putih

Tergolong sebagai rempah atau bumbu dapur, bawang putih sangat baik dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh kita. Mengonsumsi satu siung bawang putih setiap hari akan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Olahan kedelai

Makanan yang dihasilkan dari olahan kedelai, semisal tahu dan tempe, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, makanan dari olahan kedelai juga kaya protein yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang tanah, kenari, dan almond, sangat baik dalam menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh kita. Hal itu dikarenakan kacang-kacangan banyak mengandung lemak omega-3 serta antioksidan.