Makanan yang Membantu Meningkatkan Produksi ASI

 Makanan yang Membantu Meningkatkan Produksi ASI

BIBLIOTIKA - Menyusui bayi memberikan manfaat, tidak hanya bagi si bayi namun juga bagi ibu yang menyusui. Bagi bayi, pemberian ASI eksklusif membantunya mencegah penyakit, mendukung kemampuan bayi untuk tumbuh, meningkatkan perkembangan bicara, dan lain-lain. Sementara untuk ibu menyusui, aktivitas menyusui bayi bisa membantu mencegah kanker payudara dan kanker ovarium, serta merangsang produksi hormon oksitosin yang membantu ikatan antara ibu dengan bayi.

Untuk menunjang hal tersebut, Anda bisa mengonsumsi makanan-makanan berikut ini yang akan membantu meningkatkan produksi ASI, sehingga proses menyusui senantiasa lancar dan bayi Anda tidak kekurangan makanan.

Bawang putih

Memasukkan bawang putih ke dalam makanan dapat membantu meningkatkan jumlah ASI ibu menyusui. Karenanya, jika Anda kebetulan mengalami produksi ASI yang minim, Anda bisa memanfaatkan bawang putih. Di antara jenis makanan yang dapat meningkatkan produksi ASI, bawang putih adalah salah satu yang paling mudah untuk dimasukkan ke dalam menu makan Anda.

Sayuran hijau

Sayuran hijau telah lama dikenal sebagai makanan untuk meningkatkan produksi ASI. Selain menyediakan gizi yang baik untuk tubuh, sayuran hijau juga mengandung berbagai mineral dan vitamin serta phytoestrogen yang dapat meningkatkan produksi ASI.

Bayam, misalnya, mengandung vitamin B6, protein, thiamin, asam folat, kalsium, kalium, dan vitamin, yang dibutuhkan tubuh. Vitamin B6 dalam bayam membantu meningkatkan produksi ASI Anda. Selain itu, bayam merupakan sumber asam folat yang merupakan nutrisi penting untuk ibu menyusui.

Kacang-kacangan

Selain sayuran hijau, kacang-kacangan juga baik dalam meningkatkan produksi ASI, karena mengandung protein yang sehat. Anda bisa mengonsumsi kacang almond, kacang mete, kedelai, olahan kedelai, atau lainnya. Jika kurang menyukai kacang dengan mengonsumsinya langsung, Anda bisa mengolah kacang-kacangan tersebut dalam sajian yang Anda sukai.

Ubi jalar

Ubi jalar, juga makanan berwarna oranye atau merah semisal wortel dan bit, mengandung betakaroten yang mampu meningkatkan produksi ASI. Di dalam daun ubi jalar bahkan terdapat kandungan karotenoid dan zat besi, sehingga baik untuk dikonsumsi. Namun, jika Anda ingin mengonsumsi daun ubi jalar, sebaiknya pilih yang tidak menggunakan pestisida, agar tidak menimbulkan masalah pada kesehatan Anda dan bayi.

Daun katuk

Secara tradisional, daun katuk telah digunakan secara turun temurun dalam upaya meningkatkan prosuksi ASI. Selain meningkatkan produksi ASI, daun katuk juga mengandung steroid dan polifenol yang dapat meningkatkan kadar prolaktin yang baik untuk kesehatan.

Anda dapat mengolah daun katuk sesuai keinginan. Namun, sebaiknya jangan masak daun katuk sampai terlalu matang, karena dapat menghilangkan nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Biji wijen

Biji wijen hitam juga termasuk sumber kalsium yang sangat baik dan dapat membantu meningkatkan produksi ASI. Selain itu, biji wijen juga mengandung banyak nutrisi bermanfaat lain untuk kesehatan.