Makanan yang Membantu Kesehatan Kuku

 Makanan yang Membantu Kesehatan Kuku

BIBLIOTIKA - Setiap hari, kuku tangan dan kaki kita terus tumbuh meski kita mungkin tidak terlalu memperhatikan pertumbuhannya. Kuku yang semula pendek akan semakin panjang, hingga kita merasa perlu memotongnya.

Sebagaimana bagian tubuh yang lain, kuku kadang mengalami masalah, seperti mudah patah, kusam, dan lainnya. Untuk merawat kesehatan dan kecantikan kuku, Anda bisa mengonsumsi makanan-makanan yang membantu dalam tujuan itu. Berikut ini di antaranya.

Salmon

Ikan salmon mengandung vitamin D yang membantu kuku tumbuh dengan sehat. Vitamin D adalah nutrisi kuat yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kesehatan tulang, kulit, dan kuku. Protein yang dikandung ikan salmon juga mampu mendorong produksi kolagen dalam tubuh, yang membantu pertumbuhan kulit, rambut, dan kuku yang sehat.

Telur

Kandungan biotin dalam telur merupakan nutrisi yang ampuh untuk kesehatan kuku, serta nutrisi yang baik untuk kulit dan rambut. Telur juga kaya protein dan vitamin D, yang sama baik dalam mendukung pertumbuhan kuku. Mengonsumsi telur secara rutin bisa membantu Anda memiliki kuku yang sehat.

Minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung kolesterol baik yang dapat membantu hati menyaring racun dari tubuh. Lemak pada kelapa juga membantu fungsi metabolisme tubuh, serta membantu tubuh menyerap nutrisi dari makanan lain.

Ayam

Kekurangan protein dapat menyebabkan rambut dan kuku tidak sehat. Daging ayam mengandung vitamin B, protein, dan seng, yang merupakan kombinasi ampuh dalam mendorong pertumbuhan rambut, kulit, dan kuku yang sehat.

Bayam

Salah satu penyebab masalah penuaan dini adalah radikal bebas. Dalam hal ini, bayam sangat kaya protein, vitamin E, zat besi, vitamin B seperti folat, dan vitamin A. Vitamin A dan folat adalah nutrisi yang baik untuk kecantikan, karena berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh yang melawan radikal bebas.

Alpukat

Alpukat adalah sumber makanan yang kaya vitamin E, vitamin B, protein nabati, dan vitamin A. Nutrisi yang terkandung di dalam alpukat mampu membantu kuku lebih sehat, sementara lemak sehat dalam alpukat dapat membantu tubuh menyerap lebih banyak nutrisi.