Makanan yang Baik Dikonsumsi Setelah Melahirkan

 Makanan yang Baik Dikonsumsi Setelah Melahirkan

BIBLIOTIKA - Wanita yang baru melahirkan tidak hanya kehilangan banyak energi, namun juga darah. Karenanya, seusai persalinan, wanita membutuhkan asupan makanan yang kaya zat besi, sebab telah kehilangan banyak darah saat melahirkan. Makanan-makanan yang kaya zat besi juga menyediakan kalsium yang cukup bagi ibu yang menyusui.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang baik dikonsumsi setelah melahirkan.

Jambu biji

Jambu biji, juga apel, adalah makanan yang kaya zat besi. Di antara buah-buahan yang lain, ibu yang baru melahirkan sangat baik mengonsumsi kedua jenis buah tersebut.

Susu

Ketika menyusui, banyak protein dan kalsium dari tubuh ibu yang dikonsumsi oleh bayi melalui ASI. Karenanya, Anda perlu mengonsumsi susu dan produk susu untuk menyuplai jumlah protein dan kalsium untuk tubuh.

Buah-buahan kering

Buah-buahan yang dikeringkan, semisal kismis atau kurma, mengandung kolesterol baik dan vitamin E. Nutrisi yang sama juga bisa didapatkan dari kacang mete, kenari, dan almond.

Kelentang

Kelentang adalah kelor berbentuk segitiga memanjang. Sayuran ini mengandung berbagai gizi yang dibutuhkan tubuh, salah satunya meningkatkan sistem kekebalan, terutama dalam melawan infeksi.

Telur

Telur mengandung protein, lemak, dan kalsium, yang membantu ibu setelah melahirkan tetap kuat, dan menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh.

Bayam

Selain zat besi, bayam juga mengandung kalsium, vitamin K, dan vitamin A. Semua nutrisi itu sangat baik untuk para ibu yang baru melahirkan.

Bit merah

Mengandung zat besi dan betakaroten, bit merah adalah makanan yang tepat dikonsumsi, karena nutrisinya dibutuhkan tubuh wanita seusai melahirkan.