Makanan yang Baik Dikonsumsi Selama Menyusui

Makanan yang Baik Dikonsumsi Selama Menyusui

BIBLIOTIKA - Ibu yang menyusui bayi perlu mengonsumsi makanan-makanan dengan gizi yang baik, karena nutrisi yang dikandung makanan-makanan tersebut tidak hanya membantu menjaga tubuhnya tetap berenergi selama menyusui, namun juga membantu menghasilkan ASI yang berkualitas untuk sang bayi.

Berikut ini adalah makanan-makanan yang baik dikonsumsi selama menyusui, agar tubuh senantiasa sehat dan kuat, serta dapat menghasilkan ASI terbaik untuk si buah hati.

Salmon

Mengonsumsi ikan salmon selama menyusui dapat menyuplai nutrisi yang cukup untuk bayi Anda. Sebagaimana ikan berlemak lainnya, salmon mengandung DHA yang sangat penting untuk perkembangan sistem saraf bayi. Semua ASI mengandung DHA, namun tingkat nutrisi yang bisa Anda berikan kepada bayi dapat lebih tinggi dengan mengonsumsi salmon.

Susu rendah lemak

Selama menyusui bayi, Anda bisa mengonsumsi dua sampai tiga gelas susu setiap hari untuk menambah energi Anda, serta meningkatkan kualitas ASI. Susu dan produk susu, semisal yoghurt atau keju, mengandung vitamin B dan vitamin D, bahkan salah satu sumber protein terbaik. Jika ASI yang Anda berikan kepada bayi mengandung kalsium, hasilnya dapat membantu pembentukan tulang bayi dengan lebih maksimal.

Daging sapi tanpa lemak

Kekurangan zat besi bisa membuat tubuh Anda kehilangan energi, terlebih saat Anda sedang harus menyusui bayi. Karenanya, ibu menyusui perlu mengonsumsi makanan berprotein dan vitamin B12 untuk menyuplai kebutuhan zat besi. Daging sapi tanpa lemak merupakan sumber yang sangat baik untuk kebutuhan nutrisi tersebut.

Jeruk

Ibu menyusui membutuhkan asupan vitamin C lebih banyak daripada ibu hamil. Karenanya, selama menyusui, Anda membutuhkan vitamin C dalam kadar tinggi, khususnya untuk meningkatkan energi. Jeruk adalah makanan yang bisa dikonsumsi untuk tujuan mendapat asupan vitamin C. Selain jeruk, aneka olahan jeruk juga mengandung nutrisi yang tak jauh beda.

Telur

Telur adalah sumber alami vitamin D, yang merupakan nutrisi penting dalam menjaga kekuatan tulang Anda, serta membantu pertumbuhan tulang bayi lebih baik. Selain itu, mengonsumsi telur juga merupakan cara yang mudah untuk memenuhi kebutuhan protein harian Anda.

Gandum utuh

Asam folat adalah nutrisi yang sangat penting untuk membantu perkembangan bayi selama tahap awal kehamilan. Asam folat juga merupakan nutrisi penting dalam ASI yang dibutuhkan bayi untuk kesehatan yang lebih baik. Anda bisa mendapatkan asupan asam folat, serta zat besi sekaligus, melalui roti dari gandum utuh.

Sayuran hijau


Selain mengandung antioksidan yang baik dalam menjaga kesehatan jantung, sayuran berdaun hijau seperti bayam dan brokoli juga kaya vitamin A yang baik untuk Anda maupun bayi Anda. Sayuran-sayuran hijau juga memberikan asupan kalsium yang baik, serta mengandung vitamin C dan zat besi.

Air

Selama menyusui, Anda sangat berisiko terkena dehidrasi akibat energi yang terkuras. Karenanya, untuk menjaga tubuh selalu terhidrasi, sekaligus agar dapat selalu memberikan ASI yang berkualitas untuk bayi, Anda perlu selalu menjaga cairan tubuh dengan banyak minum air.

Selain air putih, Anda juga bisa mengonsumsi jus atau kopi, atau bisa pula air mineral. Namun, sebaiknya hindari dulu minuman-minuman berkafein seperti kopi. Jika terpaksa ingin menikmatinya, sebaiknya konsumsi dalam jumlah terbatas.