Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Menstruasi

Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Menstruasi

BIBLIOTIKA - Meski hal umum yang dialami semua wanita, menstruasi kadang membawa masalah tertentu yang dialami sebagian wanita. PMS (pre-menstruation syndrome) misalnya, adalah gejala yang banyak dialami wanita yang akan menstruasi. Kemudian, selama menstruasi berlangsung, kadang ada gejala-gejala lain yang mengganggu, semisal lesu, pusing, sakit perut, dan lainnya.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang baik dikonsumsi selama menstruasi, karena dapat membantu mengatasi beberapa gangguan yang biasa terjadi.

Biji gandum

Biji gandum mengandung serat yang membantu tubuh Anda stabil ketika menstruasi datang. Selain itu, kandungan karbohidrat dalam biji gandum juga mampu menyuplai vitamin serta mineral bagi tubuh.

Sayuran hijau

Mengonsumsi sayuran berdaun hijau dapat membantu tubuh dalam proses pencernaan. Selain itu, kandungan zat besi dan vitamin B pada sayuran berdaun hijau juga efektif dalam menjaga siklus menstruasi agar tetap normal.

Kacang

Kandungan omega-3 dan lemak tak jenuh dalam kacang menjadikan makanan ini bisa dijadikan camilan sehat selama masa menstruasi.

Buah segar

Buah-buah segar bisa dijadikan makanan rutin, tidak hanya selama menstruasi, namun juga di hari-hari biasa. Buah-buah segar mengandung serat yang membantu proses pencernaan, dan menjaga kesehatan perut.

Daging merah

Daging merah kaya zat besi yang mencegah Anda dari kemungkinan anemia dan gejala PMS. Meski begitu, akan lebih baik jika Anda mengonsumsi daging merah dalam batas wajar atau tidak berlebihan.

Catatan:

Selain makanan-makanan yang baik dikonsumsi selama menstruasi, ada pula makanan-makanan yang sebaiknya dihindari selama menstruasi. Di antara makanan yang sebaiknya dihindari adalah junk food, karena mengandung kalori tinggi, selain dapat menyebabkan depresi.

Di samping itu, sangat baik jika Anda melakukan olahraga rutin selama menstruasi, untuk mengurangi nyeri yang kadang muncul.