Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Nifas

 Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Nifas

BIBLIOTIKA - Setelah melahirkan, tubuh wanita membutuhkan proses pemulihan agar kembali normal seperti sedia kala. Masa pemulihan yang disebut nifas tersebut berlangsung sekitar 40 hari setelah melahirkan. Di masa itu, ibu yang baru melahirkan sangat membutuhkan perhatian sebagaimana ketika masa kehamilan, terutama dalam hal makanan yang mengandung gizi serta cairan yang cukup.

Selain itu, ibu yang baru melahirkan juga akan mengalami perubahan hormon setelah melahirkan. Jika hal tersebut tidak diperhatikan, maka ibu bisa mengalami kondisi sangat melelahkan, yang kemudian bisa menyebabkan postpartum depression atau depresi setelah melahirkan.

Untuk menghadapi dan mengatasi hal itu, mengonsumsi makanan yang tepat bisa dijadikan pilihan yang baik. Selain mempercepat proses pemulihan tubuh, makanan yang tepat juga dapat memperbaiki dan meningkatkan mood, serta meningkatkan kualitas ASI. Berikut ini adalah makanan-makanan yang baik dikonsumsi selama menjalani masa nifas.

Susu

Setelah melahirkan, ibu akan menyusui bayinya, sebagai makanan pertama untuk si bayi. Namun, si ibu juga membutuhkan asupan gizi yang baik agar tubuhnya sehat dan bugar, dan proses menyusui dapat berjalan lancar.

Omega-3

Asupan omega-3 bisa membantu mengatasi depresi, serta meningkatkan fungsi otak. Anda bisa mendapatkan asupan omega-3 dari ikan salmon, minyak biji rami, atau kacang kenari. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan omega-3 dari suplemen yang berbahan dasar sari minyak asli, yang lebih aman dikonsumsi ibu menyusui.

Protein

Susu, ikan, kedelai, dan daging, adalah beberapa contoh makanan yang mengandung protein tinggi, yang baik untuk perkembangan otak dan memberikan efek menenangkan. Untuk mendapatkan asupan protein yang cukup, Anda bisa menikmati sarapan telur orak-arik pada waktu sarapan, dan menikmati daging sapi pada waktu makan siang. Selain itu, Anda bisa menjadikan biskuit atau yoghurt sebagai camilan sehat.

Cokelat hitam

Cokelat hitam bisa dikonsumsi untuk mendapatkan asupan gula yang aman. Selain enak, cokelat hitam berkualitas tinggi juga mengandung kakao dalam jumlah besar, yang sangat baik dalam memperbaiki dan meningkatkan mood.

Sereal gandum

Kadang, bayi terbangun dan menangis di malam hari, dan membangunkan ibunya. Meski lelah, si ibu pun harus menemani si bayi, termasuk menyusui. Hal itu bisa sangat melelahkan. Mengonsumsi sereal gandum di pagi hari bisa menambah energi bagi ibu menyusui selama menjalani hari bersama si buah hati, khususnya setelah cukup lelah di malam harinya.

Sayuran hijau

Selama menjalani masa nifas, sangat baik mengonsumsi sayuran hijau semisal bayam, brokoli, buncis, dan sayuran hijau lain yang mengandung vitamin C, zat besi, serta antioksidan.

Jeruk

Ibu yang baru melahirkan membutuhkan lebih banyak vitamin C dibandingkan pada waktu sedang hamil. Jeruk adalah sumber vitamin C yang baik, yang dapat membantu tubuh menambah energi.

Air putih

Pada waktu tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan, salah satu efek yang bisa timbul adalah kelelahan dan kecemasan. Untuk menjauhkan kemungkinan itu, jangan lupa untuk minum air putih dalam jumlah cukup, agar tubuh selalu terhidrasi.

Selain itu, batasi konsumsi kafein. Meminum secangkir kopi di pagi hari memang baik untuk meningkatkan semangat. Namun, jika Anda terlalu banyak minum kopi, hasilnya malah membuat Anda mudah gelisah, lelah, dan gampang tersinggung, karena mood Anda akan terganggu.