Makanan untuk Meringankan Gejala Menopause

Makanan untuk Meringankan Gejala Menopause

BIBLIOTIKA - Menopause adalah masa ketika wanita tidak bisa lagi hamil dan melahirkan anak. Umumnya, menopause dimulai saat wanita memasuki usia 50-an. Setelah memasuki menopause, tubuh wanita memproduksi lebih sedikit hormon estrogen, yang berakibat munculnya gejala-gejala tidak nyaman dalam diri wanita bersangkutan.

Gejala-gejala menopause bisa berupa susah tidur, mata terasa panas, berat badan bertambah, rambut rontok, dan lain-lain. Seiring bertambahnya usia, pada masa tersebut wanita juga bisa berisiko terkena penyakit jantung dan osteoporosis.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang baik dikonsumsi pada saat memasuki usia menopause, karena dapat meringankan gejala-gejala yang dialami.

Kedelai

Kedelai mengandung phytoestrogen, yaitu estrogen alami dalam tumbuhan, yang disebut isoflavon dan lignans. Di dalam tubuh, kedua zat itu berfungsi sebagai hormon estrogen yang lemah, dan membantu mengatasi keringat pada malam hari. Kedelai bisa diperoleh dari tahu, tempe, susu kedelai, atau lainnya. Selain kedelai, bawang putih dan kacang hitam juga mengandung phytoestrogen.

Salmon

Ikan salmon mengandung asam lemak omega-3 yang sangat baik dalam mengurangi depresi selama menopause. Salmon juga bisa membantu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol yang pada akhirnya berdampak pada kesehatan jantung. Selain salmon, ikan tuna atau sarden juga mengandung omega-3 yang sama.

Susu

Susu dan produk susu bisa membantu menurunkan risiko osteoporosis ketika memasuki masa menopause. Susu dan produk susu semacam keju, yoghurt, dan lainnya, mengandung kalsium dan vitamin D yang mendukung hal tersebut. Agar lebih sehat, sekaligus untuk menjaga berat badan, pilihlah susu atau produk susu yang rendah lemak.