Makanan untuk Mengatasi Kelelahan Saat Hamil

  Makanan untuk Mengatasi Kelelahan Saat Hamil

BIBLIOTIKA - Orang yang sedang hamil biasa disebut “berbadan dua”, karena kenyataannya masa kehamilan adalah masa ketika seorang ibu mengandung anak atau calon anaknya. Karena adanya janin di dalam kandungannya itulah yang menjadikan perut ibu hamil membesar, dan biasanya si ibu hamil merasa tubuhnya lebih berat dari biasanya. Akibatnya, ibu hamil pun mudah lelah.

Seiring bertambahnya waktu, janin dalam perut semakin besar, dan bobotnya pun bertambah. Ibu hamil pun biasanya makin mudah kelelahan saat memasuki trimester ketiga, saat kandungannya makin membesar. Untuk mengatasi kelelahan selama hamil, Anda tentu harus beristirahat yang cukup, mengurangi aktivitas yang berat, dan menjalani hari dengan santai sehingga tidak terserang stres. Selain itu, mengonsumsi beberapa makanan berikut ini juga bisa membantu.

Makanan laut

Makanan laut atau seafood adalah sumber makanan yang kaya asam lemak omega-3 dan antioksidan penting yang dibutuhkan selama kehamilan. Anda bisa mengonsumsi makanan laut untuk menjaga stamina tubuh. Meski begitu, sebaiknya konsumsilah makanan laut dalam jumlah terbatas, untuk meminimalisir merkuri yang bisa terdapat pada makanan laut.

Yoghurt

Yoghurt mengandung vitamin dan kalsium. Selain itu, yoghurt juga memiliki bakteri probiotik di dalamnya yang bisa membantu mengatasi kelelahan, serta menjaga kebersihan sistem tubuh.

Bayam

Bayam adalah sayuran hijau yang mengandung banyak vitamin, mineral, dan protein. Selain itu, bayam juga kaya asam folat dan zat besi yang mampu mengatasi kelelahan selama kehamilan.

Pisang

Asam folat yang terkandung dalam pisang membantu meningkatkan kadar hemoglobin, mengurangi nyeri tubuh, juga mencegah cacat lahir. Karena kenyataan itu, pisang pun dianggap makanan yang baik dikonsumsi selama kehamilan.

Almond

Anda bisa ngemil kacang almond selama kehamilan, karena kacang ini mengandung antioksidan dan vitamin yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh, mengontrol nafsu makan, juga baik untuk pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan.

Jeruk

Jeruk tidak hanya mengandung vitamin C, namun juga asam folat. Ibu hamil dapat mengonsumsi jus jeruk untuk membantu mengatasi kelelahan yang dideritanya.

Kacang merah

Kelelahan yang dialami selama kehamilan bisa terjadi karena kurang darah. Karenanya, untuk meningkatkan kadar hemoglobin, ibu hamil bisa mengonsumsi kacang merah yang mengandung banyak zat besi.

Wortel

Ibu hamil bisa mengonsumsi wortel dalam keadaan mentah atau dibuat jus. Wortel baik dikonsumsi ibu hamil, karena mengandung vitamin A dan folat.

Lobak

Selain kurang darah, ibu hamil yang menderita kelelahan juga bisa disebabkan karena kekurangan kalsium. Tidak hanya menyebabkan kelelahan, kekurangan kalsium juga bisa menimbulkan masalah kesehatan. Untuk menghindari kemungkinan itu, ibu hamil bisa mengonsumsi lobak yang membantu menyuplai kalsium pada tubuh.

Delima

Mengonsumsi delima dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, yang pada akhirnya membantu mengatasi kelelahan dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Brokoli

Brokoli adalah sayuran super, karena kaya vitamin dan protein. Mengonsumsi brokoli selama hamil bisa membantu mengatasi masalah kelelahan selama hamil.