Makanan untuk Mencegah Sembelit Setelah Melahirkan

 Makanan untuk Mencegah Sembelit Setelah Melahirkan

BIBLIOTIKA - Post partum adalah masa yang diperlukan untuk pemulihan kandungan setelah ibu melahirkan. Umumnya, post partum berlangsung selama 6 minggu atau 42 hari. Dalam masa tersebut, salah satu keluhan umum yang sering dialami ibu yang baru melahirkan adalah sembelit, karena obat yang digunakan dalam masa penyembuhan dapat memperlambat pencernaan. Karenanya, ibu yang baru melahirkan perlu mengikuti pola diet yang sehat, juga mendapat nutrisi penting setiap hari.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang mampu membantu meningkatkan pencernaan, dan mencegah sembelit bagi ibu setelah melahirkan.

Bayam

Sayuran hijau ini mudah dicerna oleh tubuh. Selain itu, bayam mampu membersihkan sistem tubuh Anda, juga memberikan asupan vitamin yang diperlukan untuk melancarkan pencernaan.

Buah-buahan

Selain mengandung banyak serat yang dapat membantu pencernaan, buah-buahan juga menyediakan asupan vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh agar tetap sehat.

Sereal

Sereal adalah makanan bebas lemak yang baik untuk dikonsumsi ibu menyusui atau ibu yang baru melahirkan, terutama dalam mencegah sembelit.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga baik dikonsumsi untuk mencegah sembelit seusai melahirkan. Begitu pula dengan buah-buahan kering seperti kurma, kismis, atau lainnya.

Air

Ibu yang menyusui cenderung lebih mudah haus. Karenanya, disarankan untuk minum setidaknya 3 sampai 4 gelas air dan 2 gelas air kelapa setiap hari, untuk  menjaga tubuh tetap terhidrasi dan mendorong gerakan usus halus.

Yoghurt

Untuk menghindari sembelit, ibu menyusui dapat mengonsumsi setengah cangkir yoghurt setiap hari. Selain berguna sebagai pelunak feses, yoghurt juga memiliki probiotik yang penting untuk melawan infeksi saluran kemih.