Makanan dan Minuman untuk Mencegah Penyakit-penyakit Tua

 Makanan untuk Mencegah Penyakit-penyakit Tua

BIBLIOTIKA - Ketika memasuki usia tua, biasanya tubuh tidak hanya mengalami penurunan dalam hal energi dan penampilan, namun juga mulai terserang aneka masalah dan penyakit. Di antara beberapa masalah dan penyakit yang sering diidentikkan dengan usia tua adalah penurunan daya ingat, jantung, diabetes, sampai osteoporosis. Karena itu pula, penyakit-penyakit tersebut sering disebut “penyakit tua” atau “penyakit usia tua”.

Mengonsumsi makanan-makanan yang baik dan tepat bisa mencegah penyakit-penyakit itu menyerang saat usia beranjak tua. Berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa dikonsumsi untuk tujuan tersebut.

Sayuran hijau

Mata rabun, tulang keropos, dan daya ingat yang menurun adalah beberapa masalah orang tua. Sayuran hijau mengandung asam folat, kalsium, serta nutrisi yang mampu mengatasi masalah-masalah itu. Rutin mengonsumsi sayuran hijau dapat menyehatkan tulang, otak, mata, serta menurunkan risiko pikun dan kanker.

Gandum utuh

Gandum utuh mengandung serat, vitamin, mineral, dan antioksidan, yang mampu menurunkan risiko penyakit akibat usia tua, seperti kanker dan penyakit jantung. Karena tubuh mencerna gandum utuh secara perlahan, maka makanan itu pun membantu mencegah diabetes dan gula darah tinggi.

Buah beri

Semua jenis buah beri, termasuk blackberry, cranberry, blueberry, dan lainnya, mengandung antioksidan yang disebut anthocyanin. Antioksidan itu mampu mengurangi pertumbuhan kanker dan meningkatkan daya kerja otak, tulang, serta menyeimbangkan kebugaran tubuh.

Minyak zaitun


Dibanding jenis minyak lain, minyak zaitun lebih sehat, khususnya dalam hal menangkal penyakit tua. Minyak zaitun mengandung antioksidan yang bagus untuk menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, kanker, dan penurunan kemampuan otak.

Tomat

Buah-buah merah semisal tomat mengandung likopen, yaitu antioksidan yang membantu menjaga kesegaran kulit, serta menurunkan risiko penyakit jantung. Zat likopen juga mampu mencegah kanker, terutama kanker prostat, paru-paru, dan kanker usus besar.

Kacang

Kacang-kacangan adalah makanan yang baik dikonsumsi, khususnya kacang almond dan walnut. Kedua jenis kacang itu mengandung lemak baik, vitamin, dan protein, yang mencegah penyakit jantung serta menjaga kesehatan otak. Kacang juga diketahui mengandung zat yang mencegah peradangan.

Anggur merah

Anggur mengandung antioksidan yang disebut resveratrol yang bersifat antiradang dan antikoagulan, yang bagus untuk kesehatan jantung. Antikoagulan berfungsi menghambat pembekuan darah.

Ikan

Ikan, khususnya salmon dan ikan jenis lain yang mengandung lemak omega-3, mampu mencegah peradangan dalam tubuh. Orang yang sering mengonsumsi ikan diketahui memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit stroke dan Alzheimer.

Teh

Teh adalah minuman segar yang menyehatkan. Dengan banyak variasinya yang bisa dipilih, teh mengandung antioksidan yang mampu melindungi kesehatan jantung, mengurangi risiko kanker dan penyakit Alzheimer, serta penyakit otak lainnya.

Rempah-rempah dan tanaman herba

Rempah-rempah seperti kunyit dan jahe mengandung zat antiradang yang mampu mengurangi risiko penyakit otak seperti Alzheimer. Bawang putih dan bawang merah mengandung antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari penyakit jantung serta kanker. Sementara kayu manis mampu menurunkan kadar gula dalam darah.