Makanan untuk Mencegah Osteoporosis

 Makanan untuk Mencegah Osteoporosis

BIBLIOTIKA - Osteoporosis adalah pengeroposan tulang, yang umum terjadi pada orang-orang berusia tua, meski tidak menutup kemungkinan juga dialami orang yang relatif masih muda. Osteoporosis bisa menyebabkan patah tulang atau masalah lain yang berhubungan dengan tulang.

Cara terbaik untuk mencegah osteoporosis adalah mengasup nutrisi yang mendukung kesehatan dan kekuatan tulang, serta rajin berolahraga. Selain itu, makanan-makanan berikut ini juga baik dikonsumsi untuk menangkal osteoporosis. Makanan-makanan berikut ini tidak hanya perlu dikonsumsi orang yang sudah tua, namun juga penting dikonsumsi orang yang masih muda, agar kelak tidak mengalami osteoporosis di usia tua.

Susu

Susu dan produk susu, semisal keju, yoghurt, atau susu skim, mengandung kalsium dan protein yang membantu memperkuat dan menyehatkan tulang. Karenanya, susu adalah makanan penting dalam hal mencegah osteoporosis.

Kacang

Tidak hanya susu, kacang juga mengandung kalsium. Selain kalsium, kacang juga dilengkapi magnesium, mangan, dan fosfor. Karenanya, mengonsumsi kacang juga sangat baik dalam mencegah osteoporosis. Almond atau pistachio, misalnya, adalah jenis kacang yang merupakan sumber protein yang baik.

Sayuran

Tidak hanya menyehatkan tubuh, mengonsumsi sayuran secara rutin juga dapat membantu menguatkan tulang. Sayuran seperti brokoli, bit, kembang kol, atau lainnya, sangat baik dikonsumsi secara rutin.

Sayuran hijau gelap adalah makanan yang ampuh dalam menangkal osteoporosis. Namun, waspadai sayuran bayam, karena di dalamnya terdapat senyawa oxalate yang ternyata mencegah penyerapan kalsium oleh tubuh.

Buah-buahan

Selain sayuran, mengonsumsi buah-buahan juga sangat baik dilakukan secara rutin. Buah-buahan semisal jeruk, jambu, stroberi, nanas, pisang, juga apel, mengandung vitamin C yang membantu memperkuat tulang.

Kacang-kacangan


Kacang-kacangan, semisal kedelai, kacang lima, dan kacang lentil, adalah sumber kalsium yang juga dapat membantu mencegah osteoporosis.

Telur

Telur adalah makanan alami dengan kandungan nutrisi baik yang alami. Selain mengandung protein, telur juga mengandung vitamin D alami yang baik untuk tubuh, khususnya dalam membantu menyehatkan tulang.

Ragi

Dalam setiap 100 gram ragi (berat kering), setidaknya terdapat  330-350 miligram kalsium. Mengingat kandungannya, ragi juga perlu dikonsumsi untuk memperkuat dan menyehatkan tulang.

Kurma

Meski kurma sering dikonsumsi di bulan puasa, namun bukan berarti kita tidak bisa mengonsumsinya di hari-hari biasa. Kurma merupakan sumber kalsium dan magnesium yang membantu meningkatkan kepadatan tulang tubuh Anda.

Ikan

Ikan yang baik untuk membantu kesehatan tulang adalah jenis-jenis ikan yang mengandung asam lemak semisal salmon, sarden, dan tuna. Jenis-jenis ikan itu juga kaya kalsium dan mineral lainnya.

Omega-3

Omega-3 tidak hanya dapat diperoleh dari ikan-ikanan, namun juga bisa didapatkan dari biji labu, biji rami, atau minyak ikan. Omega-3 sangat baik dalam mencegah osteoporosis, serta mampu melawan penyakit rematik dan nyeri sendi.

Tambahan:

Selain makanan-makanan yang telah disebutkan di atas, beberapa makanan lain yang juga baik dalam mendukung kesehatan tulang serta mencegah osteoporosis adalah kedelai dan produk tahu. Anda juga bisa mengasup suplemen kalsium, jika diperlukan.

Kemudian, berjemur di bawah matahari pagi sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan tulang. Sinar matahari pagi adalah sumber vitamin D yang paling mudah dan paling murah. Karenanya, berjemur bisa menjaga kesehatan tulang Anda.

Yang tidak kalah penting, Anda juga perlu rajin berolahraga, atau melakukan aktivitas fisik, sehingga tulang-tulang dalam tubuh Anda semakin kuat karena terus digunakan.