Delima dan Tomat Bisa Mencegah Kanker Payudara

Makanan untuk Mencegah Kanker Payudara

BIBLIOTIKA - Peneliti dari University of North California menemukan fakta bahwa wanita yang rutin melakukan aktivitas olahraga ringan sebagai gaya hidup dapat meningkatkan peluang bertahan dari kanker payudara, jika mereka didiagnosis terkena penyakit tersebut.

Selain melakukan olahraga rutin, mengonsumsi makanan sehat juga terbukti membantu menurunkan risiko terkena kanker payudara. Berikut ini beberapa makanan yang diketahui dapat mencegah atau menurunkan risiko terkena kanker payudara.

Buah beri

Semua jenis buah beri mengandung antioksidan yang mampu melawan radikal bebas. Meski begitu, stroberi dan raspberry dianggap paling baik, karena mengandung senyawa khusus yang mampu mencegah kanker kulit, paru-paru, kandung kemih, kerongkongan, hingga kanker payudara.

Polong-polongan

Polong-polongan mengandung serat tinggi namun rendah kalori. Mengonsumsi polong-polongan secara teratur diketahui mampu menurunkan risiko kanker payudara hingga 7 persen.

Brokoli

Penderita kanker payudara kadang mengalami masalah berupa kambuhnya penyakit tersebut. Berdasarkan penelitian, mantan penderita kanker payudara dapat menurunkan risiko kambuh jika mengonsumsi brokoli secara rutin. Brokoli mengandung senyawa yang dapat memerangi tumor yang menyebar dalam tubuh.

Produk susu

Penelitian menemukan kaitan antara kadar vitamin D dan kalsium terhadap risiko kanker payudara. Dengan kata lain, asupan kalsium dan vitamin D mampu menurunkan risiko terkena kanker payudara. Susu dan produk susu termasuk sumber kalsium dan vitamin D, sehingga baik untuk dikonsumsi.

Delima

Kandungan berbagai nutrisi di dalam buah delima mampu mencegah kanker prostat, kanker usus besar, kanker paru-paru, hingga kanker payudara.

Tomat

Penelitian menyebutkan bahwa makanan yang kaya karotenoid dapat menurunkan risiko kanker payudara hingga 20 persen. Tomat adalah salah satu makanan yang mengandung senyawa tersebut.

Kunyit

Kunyit adalah bumbu dapur yang ampuh dalam mencegah kanker payudara, karena senyawa yang dikandungnya dapat melawan kanker, serta mencegah sel tumor tumbuh kembali.