Makanan untuk Ibu dengan Kehamilan Kembar

Makanan untuk Ibu dengan Kehamilan Kembar

BIBLIOTIKA - Kehamilan kembar memungkinkan berat badan ibu hamil meningkat lebih tinggi dibandingkan kehamilan tunggal. Karenanya, ibu dengan kehamilan kembar perlu lebih ekstra dalam menjaga kesehatan tubuhnya, termasuk makanan yang dikonsumsi, agar tidak mengalami masalah kesehatan.

Beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan ibu dengan kehamilan kembar adalah zat besi, kalsium, asam folat, dan beberapa lainnya. Selain itu, konsumsi air juga tidak boleh dilupakan, karena memenuhi kebutuhan cairan tubuh sangat diperlukan oleh ibu dengan kehamilan kembar. Bagaimana pun, rahim adalah otot. Jika otot mengalami dehidrasi, maka bisa memicu masalah kesehatan.

Berikut ini beberapa makanan yang sangat baik dikonsumsi ibu dengan kehamilan kembar, untuk menjaga kesehatannya, juga untuk calon bayinya.

Susu

Tidak hanya menjadi sumber nutrisi, susu juga dapat membantu mengganti atau melengkapi asupan air yang dibutuhkan selama hamil kembar. Di dalam susu terkandung nutrisi-nutrisi penting yang meliputi kalsium, protein, vitamin A, vitamin B2 atau riboflavin, vitamin B12, vitamin D, kalium, dan niacin, yang kesemuanya sangat baik untuk kehamilan kembar.

Telur

Bagi ibu dengan kehamilan kembar, telur adalah makanan yang sangat baik, karena mengandung kalori dan protein yang cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi. Anda bisa menjadikan telur sebagai menu sarapan sehat, dengan merebus atau mendadarnya. Telur bisa membantu Anda mempertahankan tingkat nutrisi yang  diperlukan selama hamil kembar.

Kacang-kacangan

Jika Anda menginginkan camilan sehat, kacang-kacangan bisa dijadikan pilihan yang tepat. Kacang-kacangan mengandung nutrisi protein yang baik untuk tubuh, serta lemak baik yang membantu kesehatan jantung. Begitu pula polong-polongan yang kaya vitamin dan mineral.

Keju

Dalam sepotong keju dengan berat 1 ons terkandung 113 kalori, 7 gram protein, kalsium, zat besi, juga vitamin A. Dengan kandungan nutrisinya yang sangat lengkap itu, keju adalah makanan yang sangat baik untuk ibu dengan kehamilan kembar.

Bayam

Bayam baik dikonsumsi semua orang, khususnya ibu hamil, khususnya lagi ibu dengan kehamilan kembar. Bayam adalah sumber nutrisi yang baik. Di dalam secangkir bayam terkandung 22 kalori, vitamin A, vitamin C, kalsium, dan zat besi, yang baik untuk kehamilan Anda.

Pepaya

Selain dapat membantu mengatasi rasa mual, pepaya adalah sumber enzim proteolitik yang membantu dalam pencernaan protein. Karenanya, pepaya adalah tambahan yang bagus untuk menu kehamilan, karena dapat membantu pencernaan lebih optimal.

Sereal

Salah satu masalah umum kehamilan adalah masalah pencernaan, tak terkecuali kehamilan kembar. Sereal bisa membantu meringankan masalah pencernaan, karena mengandung serat tinggi. Selain itu, banyak sereal yang juga mengandung folic acid tambahan, yaitu vitamin yang dikenal bisa membantu mengurangi risiko cacat lahir.

Selai kacang

Protein adalah salah satu asupan nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan, karena membantu kesehatan ibu hamil serta janin yang dikandung. Selai kacang menyediakan protein yang dapat membantu memenuhi kebutuhan tubuh terhadap asupan protein. Anda bisa menjadikan selai kacang sebagai camilan, atau menggunakannya untuk mengoles biskuit.