Makanan Sehat untuk Perkembangan Otak Anak

Makanan Sehat untuk Perkembangan Otak Anak

BIBLIOTIKA - Memberikan makanan yang tepat dan sehat untuk anak tidak hanya akan mendukung pertumbuhan fisik mereka, tapi juga perkembangan otak mereka. Anak-anak, sebagaimana orang dewasa, membutuhkan asupan gizi yang cukup untuk tubuh agar bisa bertumbuh dengan baik, serta asupan nutrisi yang tepat untuk otak agar dapat berkembang dengan sama baiknya.

Berikut ini adalah makanan-makanan yang dapat membantu perkembangan otak anak, karena meningkatkan kecerdasan serta menguatkan memori atau daya ingat.

Susu dan produk susu

Anak-anak dan kelompok usia remaja sedang dalam tahap pertumbuhan, sehingga mereka membutuhkan banyak nutrisi. Susu serta berbagai produk susu seperti yoghurt merupakan sumber protein, kalium, kalsium, dan vitamin D. Semua nutrisi penting itu membantu dalam pengembangan sistem neuromuskuler, neurotransmiter, enzim, dan jaringan otak.

Buah beri

Semua jenis buah beri, seperti stroberi, raspberry, blueberry, blackberry, dan lainnya, mengandung hampir semua nutrisi penting yang dibutuhkan otak. Buah-buahan beri juga merupakan sumber makanan yang kaya antioksidan dan vitamin C yang membantu mengurangi stres oksidatif.

Telur dan kacang

Telur dan kacang mengandung kolin, yaitu senyawa penting yang dibutuhkan untuk perkembangan sel-sel batang memori. Senyawa kolin juga dapat membantu meningkatkan produksi sel induk memori di otak.

Biji-bijian

Vitamin B dan glukosa yang terdapat dalam biji-bijian seperti oatmeal dan beras merah sangat dibutuhkan sebagai makanan bagi otak anak-anak. Bisa dibilang, tubuh kita membutuhkan glukosa dari biji-bijian secara reguler. Sementara vitamin B dalam biji-bijian membantu meningkatkan aliran darah pada sistem saraf, yang merupakan salah satu faktor utama dalam menjaga semua organ tubuh tetap aktif, termasuk otak.

Salmon

Ikan salmon adalah sumber makanan yang kaya asam lemak omega-3 seperti DHA dan EPA, yang sangat penting untuk pengembangan otak. Penelitian membuktikan bahwa orang yang mengonsumsi salmon secara reguler memiliki memori yang lebih baik daripada orang yang tidak mengonsumsinya.