Makanan Sehat untuk Orang Berusia 40 Tahun ke Atas

Makanan Sehat untuk Orang Berusia 40 Tahun ke Atas

BIBLIOTIKA - Memasuki usia 40 tahun, tubuh kita mengalami banyak perubahan, dari penampilan fisik sampai kemampuan tubuh dalam beraktivitas. Orang sering menyebut usia ini sebagai usia tengah baya. Berbeda dengan usia muda saat tubuh masih kuat, orang berusia 40 tahun ke atas mulai sering merasa letih atau mudah lelah, dan biasanya pula di usia tersebut berbagai masalah kesehatan mulai sering muncul, dari yang ringan sampai yang berat.

Karena hal itulah, orang berusia 40 tahun ke atas perlu lebih memperhatikan makanan-makanan yang dikonsumsinya, agar mendapat asupan nutrisi terbaik dalam menunjang kesehatan. Berikut ini adalah makanan-makanan sehat terbaik yang perlu dikonsumsi orang berusia 40 tahun ke atas, untuk menjaga kesehatan, kebugaran, dan vitalitas.

Yoghurt

Saat usia memasuki 40 tahun, elastisitas kulit mulai berkurang, sehingga kulit mulai berkeriput. Yoghurt dapat membantu melembutkan kulit, karena mengandung vitamin A dan vitamin D yang mendukung hal tersebut. Sangat disarankan untuk memilih yoghurt yang rendah lemak.

Stroberi

Selain keriput, masalah kulit yang juga biasa dihadapi orang berusia 40 tahun ke atas adalah kulit kusam. Stroberi bisa membantu mengatasi hal itu, karena mengandung serat dan antioksidan seperti zat antosianin dan fenol, yang mampu mencegah kerusakan sel pada kulit Anda.

Almond

Kolesterol adalah satu di antara berbagai masalah kesehatan yang juga sering dialami orang berusia 40 tahun ke atas. Kacang almond mengandung asam amino dan vitamin E yang mampu menurunkan kadar kolesterol, serta menjaga tubuh dari berbagai serangan penyakit.

Anggur

Selain almond, anggur juga bisa berfungsi dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, antioksidan yang terkandung di dalam anggur merah juga membantu mencegah penyumbatan arteri.

Gandum utuh


Berat badan serta tensi darah yang tinggi juga umum dialami orang berusia 40 tahun ke atas. Karena itulah, Anda perlu mengonsumsi gandum utuh. Makanan ini mengandung serat tinggi dan potasium yang membantu mencegah meningkatnya tekanan darah dan naiknya berat badan. Anda bisa menyertakan roti gandum, beras merah, gandum dan biji kinoa (quinoa) dalam diet Anda.

Daging sapi tanpa lemak

Mengandung zat besi dalam kadar tinggi, daging sapi tanpa lemak dapat membantu mengangkut oksigen dari paru-paru ke berbagai sel dalam tubuh. Daging sapi juga mengandung protein tinggi pembangun otot. Mengonsumsi daging sapi tanpa lemak bisa membantu kesehatan serta kebugaran Anda.

Ikan tuna

Hal umum yang juga dialami banyak orang berusia 40 tahun ke atas adalah berkurangnya energi. Jika di masa muda bisa bekerja seharian tanpa kenal lelah, sekarang letih mudah datang hanya karena sedikit kerja fisik. Ikan tuna bisa membantu mengatasi hal semacam itu, karena mengandung protein terbaik dan tidak mengandung lemak jenuh, hingga mampu mencegah penyusutan otot.

Ubi jalar

Selain kolesterol, tensi darah yang tinggi, serta masalah lain, diabetes juga sering menyerang orang berusia 40 tahun ke atas. Ubi jalar bisa membantu mencegah diabetes, serta mengatasi efek asap rokok, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, ubi jalar juga kaya vitamin C yang dapat membantu menyehatkan kulit.

Susu kedelai

Apa masalah lain yang biasa menghinggapi orang berusia 40 tahun ke atas? Osteoporosis atau masalah tulang. Mengonsumsi susu kedelai bisa membantu mencegah hal itu, karena susu kedelai mengandung vitamin A, vitamin B1, B2, kalsium, dan protein, yang membantu meningkatkan kepadatan tulang, sehingga dapat mencegah osteoporosis.

Salmon

Masalah lain yang juga kerap menyerang orang berusia 40 tahun ke atas adalah daya ingat atau kemampuan otak yang menurun. Ikan salmon mengandung asam lemak omega-3 yang bermanfaat mencegah Anda terkena demensia dan Alzheimer. Nutrisi penting dalam ikan salmon membantu sel saraf untuk berkomunikasi dengan mudah, yang membantu Anda mengingat lebih cepat.