Makanan Sehat untuk Mengatasi Dehidrasi

Makanan Sehat untuk Mengatasi Dehidrasi

BIBLIOTIKA - Dehidrasi adalah kondisi ketika tubuh kekurangan cairan. Biasanya, ketika mengalami dehidrasi, kita akan merasa haus dan tidak nyaman. Dalam kondisi panas atau cuaca sedang terik, dehidrasi mudah menyerang siapa saja. Ketika sedang ada di jalan, kita pun biasanya akan membeli minuman botol atau minuman kemasan untuk mengatasi rasa haus. Saat di rumah, kita biasanya akan menuang air putih ke gelas dan meminumnya.

Jika Anda kurang menyukai air putih, namun menginginkan cara yang sehat dalam mengatasi dehidrasi atau kehausan, Anda bisa memanfaatkan makanan-makanan berikut ini, karena memiliki fungsi yang sama, plus bermanfaat bagi kesehatan.

Semangka

Semangka mengandung 92 persen air, sehingga memakan semangka dapat membantu mengatasi rasa haus akibat dehidrasi. Selain itu, semangka juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh, di antaranya betakaroten, likopen, dan vitamin C.

Mentimun

Saat menyentuh atau memegang mentimun, kita merasakan kesan dingin pada buah tersebut. Kenyataannya, mentimun memang mengandung banyak air. Karenanya, saat kehausan, Anda juga bisa menikmati mentimun untuk mengatasinya. Selain kaya air, mentimun juga mengandung vitamin C tinggi dan asam caffeic yang dapat melembutkan kulit.

Oatmeal

Pada waktu menikmati semangkuk oatmeal, kita melihat oat meleleh dan menyatu dalam air atau susu yang diolah bersama dengan makanan tersebut. Karenanya, makan oatmeal sama dengan mengonsumsi banyak cairan. Selain menyuplai cairan tubuh, oatmeal juga mampu menurunkan kolesterol yang bisanya memicu penyakit jantung.

Melon

Selain mengandung air dalam jumlah tinggi, melon juga memiliki kandungan kalium yang dapat menambah energi. Karenanya, saat dehidrasi, Anda bisa memanfaatkan melon untuk mengatasinya. Jika kesulitan mendapatkan melon, Anda juga bisa memilih stroberi atau buah persik.

Apel

Buah lain yang juga ampuh untuk mengatasi dehidrasi adalah apel. Selain mengandung banyak air, apel juga mengandung berbagai nutrisi yang mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Sekadar catatan, memakan apel bersama dengan kulitnya dapat membantu menurunkan berat badan, karena kulit apel mengandung zat yang mendukung pembakaran lemak tubuh.

Daging

Anda mungkin terkejut mendapati daging termasuk makanan yang dapat mengatasi rasa haus. Kenyataannya, 100 gram daging dapat memberi asupan 50 gram air. Meski begitu, sebaiknya pilihlah daging yang tidak berlemak, dan jangan sampai mengonsumsinya berlebihan.