Makanan-makanan yang Membuat Anda Mengantuk

Makanan-makanan yang Membuat Anda Mengantuk

BIBLIOTIKA - Rasa kantuk bisa berarti baik bagi seseorang, namun bisa berarti buruk bagi orang lainnya. Bagi orang-orang yang menderita insomnia atau sulit tidur, munculnya rasa kantuk di malam hari sangat disyukuri, karena artinya mereka bisa segera masuk kamar dan berharap dapat tidur dengan nyenyak.

Namun, bagi orang-orang yang sedang bekerja atau beraktivitas, rasa kantuk justru tidak diinginkan. Para pekerja lembur, misalnya, tentu ingin menjauhkan kantuk. Begitu pula orang-orang yang mengendarai mobil di malam hari, tentu ingin mata dan kesadarannya tetap terjaga.

Berikut ini beberapa makanan yang bisa menyebabkan Anda mengantuk. Karenanya, bagi Anda yang kebetulan sering sulit tidur, makanan berikut ini bisa dijadikan resep agar mudah tidur. Namun, jika Anda kebetulan pekerja lembur atau sedang mengendarai mobil di malam hari, sebaiknya jauhi makanan berikut ini.

Susu atau yoghurt


Susu dan yoghurt termasuk makanan yang dapat mengurangi tingkat stres, dan melonggarkan saraf yang tegang. Karenanya, meminum segelas susu bisa membuat tubuh Anda merasa tenang, untuk kemudian mengantuk.

Pisang

Pisang mengandung potasium dan magnesium yang membantu merilekskan otot tubuh. Bagi penderita insomnia, pisang dapat membantu memperoleh tidur yang baik. Namun, jika Anda ingin tetap terjaga, sebaiknya hindari pisang.

Teh chamomile

Teh chamomile digolongkan sebagai minuman berkafein. Umumnya, minuman berkafein membuat Anda terjaga. Namun, penelitian mengungkapkan bahwa teh chamomile, juga teh hijau, merupakan minuman penyuplai zat theanin yang justru membantu membuat tidur nyenyak. Tidak lama setelah meminum teh chamomile, Anda akan merasakan kantuk.

Makanan berkarbohidrat

Makanan yang mengandung karbohidrat—semisal kacang almond, cake manis, dan makanan mengandung gula—khususnya jika dikonsumsi pada malam hari, akan membuat Anda mengantuk hingga tertidur. Karenanya, jika ingin menjauhkan kantuk, hindari makanan-makanan semacam itu.