Makanan-makanan yang Membantu Kesehatan Jantung

Makanan-makanan yang Membantu Kesehatan Jantung

BIBLIOTIKA - Aktivitas keseharian yang terlalu padat—apalagi sering terburu-buru—bisa berdampak buruk bagi kesehatan kita, karena dapat mengakibatkan stres. Jika kita juga menjalani gaya hidup yang kurang sehat, semisal kurang olahraga dan tidak mengonsumsi makanan yang sehat, maka stres dan gaya hidup yang kita jalani bisa berdampak pada kesehatan tubuh, salah satunya meningkatkan denyut jantung.

Untuk menjaga tubuh senantiasa sehat, maka kita perlu menjalani gaya hidup yang lebih baik, rajin berolahraga, dan mengonsumsi makanan sehat yang dibutuhkan tubuh. Jika kita kebetulan menjalani aktivitas yang sibuk dan sering terburu-buru, kita bisa merawat kesehatan jantung kita dengan sering mengonsumsi makanan yang dapat membantu menurunkan denyut jantung, sehingga jantung lebih sehat.

Makanan yang berbahan dasar susu sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Begitu pula makanan seperti keju, tahu, kubis, dan brokoli. Makanan-makanan tersebut mengandung kalsium yang mampu membantu menstabilkan denyut jantung Anda.

Kemudian, makanan seperti gandum, kurma, juga sayuran berdaun hijau, dapat membantu menyehatkan jantung, karena mengandung magnesium yang berperan dalam menstabilkan detak jantung.

Kesehatan jantung juga bisa dibantu melalui makanan-makanan yang mengandung asal lemak omega-3, seperti ikan tuna, ikan sarden, atau tiram. Kandungan asam lemak omega-3 juga bisa diperoleh dari makanan yang berupa kacang-kacangan, seperti kacang kenari.

Selain asam lemak omega-3, kesehatan jantung juga bisa ditunjang dengan makanan yang banyak mengandung kalium. Beberapa makanan yang mengandung kalium di antaranya buah-buahan seperti pisang, jeruk, tomat, serta alpukat. Makanan lainnya yang juga banyak mengandung kalium adalah air kelapa, kacang kedelai, serta ikan salmon.

Terakhir, makanan yang berserat juga baik untuk menjaga kesehatan jantung, dan beberapa makanan berserat yang bisa kita konsumsi di antaranya anggur, kurma, apel, juga pepaya.

Selain makanan-makanan yang disebutkan di atas, vitamin C juga baik untuk menjaga kesehatan jantung. Penelitian terbaru menyebutkan, mengonsumsi 300 miligram vitamin C sehari, dari makanan maupun suplemen, mampu menurunkan risiko penyakit jantung. Beberapa sumber vitamin C di antaranya adalah sayuran dan buah-buahan, khususnya delima, tomat, jeruk, buah-buah beri, juga paprika. Berikut ini beberapa cara vitamin C melindungi jantung:
  1. Vitamin C mampu menurunkan kadar lipoprotein yang biasanya memicu stroke.
  2. Vitamin C mencegah peningkatan tekanan darah.
  3. Vitamin C mencegah penggumpalan dalam pembuluh darah.
  4. Vitamin C menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.
  5. Vitamin C membantu penyembuhan dinding arteri yang rusak, sehingga mencegah kolesterol tertimbun terlalu lama dalam tubuh.
  6. Vitamin C merupakan antioksidan penangkal radikal bebas yang menyebabkan penyakit kardiovaskular.
  7. Vitamin C meningkatkan kadar kolesterol baik yang dibutuhkan tubuh.