Makanan-makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Hamil

  Makanan-makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Hamil

BIBLIOTIKA - Selama hamil, wanita membutuhkan makanan yang bergizi tidak hanya untuk dirinya sendiri, melainkan juga untuk janin yang dikandungnya. Yang dimakan ibu hamil juga akan diserap oleh janin. Karenanya, selama kehamilan, ibu hamil membutuhkan makanan dengan gizi dan nutrisi yang baik, untuk menunjang dirinya serta kandungannya.

Berikut ini makanan-makanan yang baik dikonsumsi selama kehamilan, karena dapat membantu ibu hamil melewati kehamilannya dengan baik.

Makanan kaya zat besi

Ibu hamil sangat penting mengonsumsi makanan yang kaya zat besi, karena kekurangan zat besi akan menyebabkan tubuh rentan mengalami anemia. Kondisi itu tentu akan berpengaruh buruk pada janin yang dikandungnya. Makanan yang kaya zat besi misalnya polong-polongan.

Makanan kaya protein

Selain mendukung ibu hamil tetap berenergi, makanan yang kaya protein juga membantu pertumbuhan mental bayi dalam kandungan. Makanan yang kaya protein misalnya telur, kacang-kacangan, dan susu.

Makanan kaya asam folat

Folat sangat penting bagi ibu hamil, karena kekurangan asam folat disinyalir menjadi salah satu penyebab bayi lahir cacat. Selama kehamilan, ibu hamil disarankan mengonsumsi makanan-makanan yang kaya folat, semisal sayuran hijau, buah-buahan, dan biji-bijian.

Makanan kaya vitamin

Ibu hamil dan janin yang dikandungnya sangat membutuhkan vitamin untuk menjaga kesehatan. Salah satu vitamin yang dibutuhkan adalah vitamin D dan vitamin B12. Vitamin D bisa didapatkan secara mudah melalui sinar matahari, sementara vitamin B12 bisa diperoleh dalam bentuk suplemen.

Makanan kaya omega-3

Selain menjaga sistem kekebalan tubuh ibu hamil, omega-3 juga berperan dalam membentuk sistem kekebalan tubuh bayi ketika dilahirkan. Karenanya, ibu hamil juga sangat disarankan mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung omega-3, di antaranya alpukat, salmon, atau suplemen omega-3.

Makanan yang melancarkan pencernaan

Di antara masalah yang cukup sering mengganggu ibu hamil adalah gangguan pencernaan, atau perut yang terasa tidak nyaman. Untuk mengatasinya, ibu hamil bisa mengonsumsi makanan yang dapat membantu melancarkan pencernaan. Misalnya yoghurt, buah-buahan, dan sayuran.